Follow us:   
Kontak kami:    kontak@wikidpr.org
Follow us:   
Kontak kami:    kontak@wikidpr.org

Fokus DPR-RI Pada Masa Sidang ke-4 Tahun 2016-2017

12/12/2018



Berdasarkan pada data yang berhasil dihimpun oleh Tim WikiDPR, pada pembukaan masa sidang ke-4 dalam rencana kegiatan DPR – RI berdasarkan Pidato Paripurna Tahun 2016-2017 terdapat 5 rencana fokus yang akan dilaksanakan.

 

Diantaranya ialah, pertama, fokus legislasi. Pada tahap pembahasan fokus legislasi, terdapat 10 RUU yang siap dibahas yaitu; RUU Pemilihan Umum, RUU Perubahan Kedua Atas UU Nomor 17/2014 tentang MPR, DPR, DPD, dan DPRD, RUU Perubahan Atas UU Nomor 15/2003 tentang Terorisme, RUU KUHP, RUU Perlindungan Pekerja Indonesia di Luar Negeri, RUU Penghasilan Negara Bukan Pajak, RUU Arsitek, RUU Larangan Minuman Beralkohol, RUU Sisten Perbukuan, dan RUU Kebudayaan. Sekanjutnya, 4 RUU yang sedang masuk dalam tahap penyusunan adalah RUU Migas, RUU Oerubahan Atas UU Nomor 4/2004 tentang Pertambangan Mineral dan Batu Bara, RUU Sistem Budidaya Tanaman, dan RUU Sumber Daya Air. Pada masa sidang ini terdapat 4 RUU yang siap masuk pada tahap harmonisasi yaitu RUU Perubahan Atas UU Nomor 5/1999 tentang Larangan Praktik Monopoli dan Persaingan Usaha Tidak Sehat, RUU Perkelapasawitan, RUU Perubahan Atas UU Nomor 32/2002 tentang Penyiaran, dan RUU Perubahan Atas UU Nomor 5/1990 tentang Konservasi SDA Hayati dan Ekosistemnya. 

Kedua, pada fokus anggaran yaitu Evaluasi Pelaksanaan APBN Tahun Anggaran 2016 dan Target Pelaksanaan Tax Amnesty Periode III (Januari 2017-Maret 2017).

Selanjutnya adalah fokus diplomasi. DPR-RI menerima ketua Parlemen Thailand beserta delegasi pada 15 Maret 2017 di gedung DPR-RI. Kemudian pada 15-17 Maret, DPR-RI akan menghadiri pertemuan Komii Tetap APA tentang masalah-masalah politik dan Komisi Khusus pembentukan parlemen Asia di Pakistan. Dalam rangka turut serta memperingati Hari Perempuan Internasional, DPR-RI mengadakan peringatannya pada 20 Maret 2017. Selanjutnya pada 1-5 April 2017 mendatang, terdapat pertemuan ke-136 sidang persatuan parlemen internasional (IPU) di Bangladesh. Pertemuan Komisi Tetap APA akan membahas permasalahan ekonomi dan pembangunan berkelanjutan pada 24-27 April 2017 di Bahrain. Kemudian pada 29 April mendatang, DPR-RI akan turut serta dalam pertemuan AIPA pada pertemuan tingkat tinggi ke-30 ASEAN di Filipina. 

Fokus tim khusus, DPR-RI membentuk tim pengawas terhadap perlindungan tenaga kerja Indonesia dan tim implementasi reformasi DPR-RI untuk menyelesaikan cetak biru "Parlemen Modern"

Selama masa sidang ke-4 ini, DPR-RI juga akan menjalankan fokus lainnya dengan melakukan uji keayakan dan kepatutan Calon Anggota Badan Pemeriksa Keuangan (BPK), Calon ketua dan anggota Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi, calon anggota Badan Perlindungan Konsumen Nasional (BPKN), calon anggota Dewas LPP TVRI, calon anggota KPU dan Bawaslu, serta calon anggota Komisi Perlindungan Anak Indonesia.