Follow us:   
Kontak kami:    kontak@wikidpr.org
Follow us:   
Kontak kami:    kontak@wikidpr.org
Berita Terkait

Kategori Berita

ISL - Rapat Dengar Pendapat Umum Komisi 10 & PT. Liga Indonesia

12/12/2018



Pada 23 Februari 2015 ada Rapat Dengar Pendapat Umum (RDPU) Indonesia Super League (‘ISL’ atau ‘Liga Super Indonesia’ atau ‘LSI’) bersama Pimpinan DPR dan Komisi 10.  Komisi 10 menerima audiensi dari PT.Liga Indonesia, PSSI dan 18 perwakilan pengurus klub sepakbola.  Audiensi ini ada kaitannya dengan penundaan kompetisi Liga Super Indonesia (LSI) oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga yang semula dijadwalkan tanggal 20 Februari 2015 menjadi tanggal 4 April 2015. Keputusan penundaan tersebut dilakukan atas rekomendasi Badan Olahraga Profesional Indonesia (BOPI) bahwa mayoritas klub peserta LSI belum melengkapi persyaratan administrasi.  PT.Liga Indonesia adalah penyelenggara dan operator kompetisi LSI.

RDPU dipimpin oleh Fahri Hamzah sebagai pimpinan DPR dan didampingi oleh Ketua Komisi 10 Teuku Rifky Harsya. Pada RDPU Joko Driyono dari PT.Liga Indonesia meminta perlindungan tentang kepastian kompetisi LSI dapat berjalan tepat waktu.  

Pemantauan Rapat

Berikut adalah respon dari Anggota terhadap pemaparan dari PT.Liga Bola Indonesia, PSSI dan perwakilan dari 18 pengurus klub sepakbola:

Teuku Riefky Harsya dari NAD 1 sebagai Ketua Komisi 10 menyatakan kekecewaannya atas keputusan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) menunda kompetisi LSI yang diumumkan satu hari setelah masa sidang DPR ditutup. Teuku Riefky Harsya ingin penerapan dari kebijakan penundaan ini dilakukan secara bertahap. Untuk klarifikasi kemungkinan ini, Ia berencana untuk memanggil BOPI untuk rapat dan meminta rekomendasi dari Fahri Hamzah sebagai pimpinan DPR.

Fahri Hamzah dari NTB sebagai Pimpinan DPR mengatakan bahwa pemerintah bertindak diluar lingkup tanggung-jawabnya. Bahwa kompetisi LSI esensinya adalah ranah bisnis dan tidak ada uang negara di klub-klub sepakbola. Jadi pemerintah seharusnya tidak melarang kegiatan bisnis dan intervensi mekanisme pasar. Beliau menghimbau PT.Liga Bola Indonesia, PSSI dan perwakilan 18 pengurus klub sepakbola untuk memberi Menpora pengertian untuk tidak mengusik jadwal kompetisi LSI dan untuk tidak terlalu mendengarkan kebijaksanaan pemerintah.

Untuk membaca rangkaian livetweet RDPU yang membahas kompetisi Liga Super Indonesia (‘Indonesia Super League’ atau ‘ISL’), kunjungi http://bit.ly/pssikom10-2.

 


wikidpr/sith