Follow us:   
Kontak kami:    kontak@wikidpr.org
Follow us:   
Kontak kami:    kontak@wikidpr.org
Berita Terkait

Kategori Berita

Kemensos - Rapat Dengar Pendapat Komisi 8 dan Kementerian Sosial

12/12/2018



Pada 5 Februari 2015 Komisi 8 mengadakan Rapat Dengar Pendapat dengan Kesekjenan Kementerian Sosial (Kemensos) terkait anggaran yang diajukan oleh Kemensos dalam RAPBN-P.

Pada tanggal 19 Januari 2015 Pemerintah yang diwakili oleh Menteri Keuangan menyerahkan Rancangan Anggaran Pendapatan Belanja Negara Perubahan (RAPBN-P) ke DPR-RI. RAPBN-P tersebut merubah APBN 2015 yang disahkan oleh mantan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada tanggal 14 Oktober 2014 melalui Undang-Undang Nomor 27 Tahun 2014 Tentang Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara.  Dalam rangka pembahasan usulan RAPBN-P untuk mendapat bahan pertimbangan DPR menerima audiensi dari banyak kementerian, termasuk Kemensos.

Pemantauan Rapat

Ini respon dari Fraksi-Fraksi terhadap pemaparan dari Kesekjenan Kemensos:

Fraksi PDI Perjuangan: Oleh Agus Susanto dari Sumbar 2. Susanto menyarankan agar pesawat terbang yang di charter oleh pemerintah untuk mengangkut rombongan haji pada trayek pulangnya digunakan untuk mengangkut Tenaga Kerja Indonesia (TKI) yang sakit di Saudi Arabia untuk pulang.  

Fraksi Gerindra: Oleh Rahayu Saraswati Djojohadikusumo dari Jateng 4. Rahayu meminta Kemensos untuk memberikan data lebih rinci mengenai anggaran dan rencana pemberdayaan untuk pemulangan 50,000 TKI yang ditargetkan pemerintah. Rahayu juga meminta verifikasi dari Kemensos mengapa target perbaikan rumah tak layak huni hanya 28,000 rumah padahal data rumah tak layak huni per kabupaten adalah 40,000 rumah.

Fraksi Golkar: Oleh Endang Srikarti Handayani dari Jateng 5. Endang meminta konfirmasi darimana sumber data asumsi korban jiwa bencana alam sebesar 43,000 ribu di pemaparan Kemensos.

Fraksi PKB: Oleh Maman Imanul Haq dari Jabar 9. Maman tidak setuju dengan penamaan Direktorat Pengurusan Orang Cacat.  Maman meminta Kemensos untuk merevisi target penurunan angka kemiskinan yang dibuat di 2014 yaitu dari 28.2 juta menjadi 20.5 juta.

Fraksi Nasdem: Oleh Choirul Muna dari Jateng 6. Choirul meminta verifikasi dari Kemensos atas proyeksi anak asuh yang akan didanai dan berapa besar peningkatan anggaran untuk mendanai panti asuhan.

Untuk membaca rangkaian livetweet Rapat Dengar Pendapat dengan Kesekjenan Kemensos kunjungi http://bit.ly/kesetjenankemensoskom8.


wikidpr/fr