Follow us:   
Kontak kami:    kontak@wikidpr.org
Follow us:   
Kontak kami:    kontak@wikidpr.org
Berita Terkait

Kategori Berita

(Kompas.com) Hadiri Kampanye Donald Trump, Pimpinan DPR Bisa Dikenakan Pelanggaran Kode Etik

12/12/2018



JAKARTA, KOMPAS.com — Koordinator Forum Masyarakat Peduli Parlemen Indonesia (Formappi), Lucius Karus, menilai bahwa kehadiran Ketua DPR Setya Novanto dalam kampanye calon presiden Partai Republik untuk pemilu Amerika Serikat tahun 2016, Donald Trump, berpotensi melanggar kode etik. Sebab, pertemuan itu dilangsungkan di tengah-tengah kunjungan kerja DPR ke AS.

"Sangat mungkin ada pelanggaran etis serius terkait konflik kepentingan kehadiran anggota DPR dalam pertemuan dengan Trump," kata Lucius saat dihubungi, Jumat (4/9/2015).

Menurut Lucius, Novanto dan delegasi DPR yang hadir dalam kampanye itu tak bisa menggunakan dalih pertemuan spontan untuk melepaskan diri dari dugaan pelanggaran kode etik. Sebab, pertemuan itu berlangsung cukup lama. Tak hanya ikut dalam konferensi pers, Novanto bahkan juga sempat makan siang bersama di Trump Plaza dengan Trump selama 30 menit.

Wakil Ketua DPR Fadli Zon sebelumnya telah mengakui bahwa Trump sempat berbicara mengenai keinginannya untuk berinvestasi di Indonesia. Menurut Lucius, Fadli perlu menjelaskan apakah pembicaraan tentang investasi itu dalam konteks pribadi atau sebagai anggota DPR.

"Jika pertemuan pribadi, bagaimana para anggota itu mempertanggungjawabkan anggaran negara yang mereka gunakan untuk kunjungan tersebut?" ujarnya.

Selain Formappi, Guru Besar Hukum Internasional Universitas Indonesia Hikmahanto Juwana juga mempertanyakan sikap pimpinan DPR yang bertemu Donald Trump. Terlebih lagi, dalam pertemuan tersebut, Novanto sempat mengklaim bahwa rakyat Indonesia menyukai sosok Trump.

Dalam kesempatan itu, Trump bertanya kepada Setya Novanto, "Apakah rakyat Indonesia menyukai saya?" Lantas Novanto pun menjawab, "Ya".

"Jawaban dan kehadiran Setya Novanto, yang diperkenalkan sebagai Ketua DPR, seolah memberi endorsement atas kampanye Trump. Tanpa disadari, Ketua DPR dari sebuah negara besar dengan jumlah Muslim terbesar dan demokratis telah dimanfaatkan oleh Donald Trump," kata Hikmahanto. (Baca:Hikmahanto: Ketua DPR Dimanfaatkan oleh Donald Trump)

Sementara itu, Forum Indonesia untuk Transparansi Anggaran (Fitra) mempertanyakan kehadiran Fadli dan Setya dalam kampanye Donald Trump, apalagi keduanya melakukan kunjungan kerja ke AS dengan menggunakan uang negara. Kehadiran pimpinan DPR di AS memang bertujuan untuk menghadiri konferensi ketua parlemen sedunia, bukan untuk menghadiri kampanye Donald Trump.