Skip to main content
WikiDPR.orgMendekatkan Rakyat dengan Wakilnya

Konsentrasi DPR Terhadap Fungsinya Pada Masa Sidang ke - 2 Tahun 2015 – 2016

04/Apr/2016

Konsentrasi DPR Terhadap Fungsinya Pada Masa Sidang ke - 2 Tahun 2015 – 2016

Berdasarkan pada pendataan harian yang berhasil dihimpun oleh WikiDPR, dapat disimpulkan bahwasanya konsentrasi DPR – RI (Dewan Perwakilan Rakyat – Republik Indonesia) terhadap fungsinya yaitu terlihat pada fungsi lainnya diluar fungsi DPR-RI yang telah menghasilkan 38% dengan jumlah sebesar 75 rapat dimana terdapat 2 TOP Rapat yang dibahas yaitu, Rapat dan Fit & Proper Capim KPK sebanyak 20 rapat dan Sidang MKD Kasus Setya Novanto sebesar 10 rapat yang dilaksanakan oleh Komisi III.

Pada fungsi Pengawasan DPR-RI menghasilkan 30% dengan jumlah sebesar 59 rapat dimana terdapat TOP Rapat yang dibahas yaitu, Pansus Pelindo II sebanyak 12 rapat, Komisi VI sebanyak 11 rapat dan Komisi X sebanyak 10 rapat.

Kemudian, pada fungsi Legislasi DPR-RI menghasilkan 24% dengan jumlah sebesar 48 rapat terdiri dari, RUU KUHP sebanyak 8 rapat dan Pansus RUU Larangan Minuman Beralkohol sebanyak 5 rapat, dimana kedua rapat tersebut berasal dari Komisi III.

Pada fungsi Anggaran, DPR-RI menghasilkan 8% dengan jumlah sebesar 17 rapat dimana terdapat 2 TOP Rapat yang dihasilkan berasal dari Komisi XI sebanyak 9 rapat dan Komisi IV sebanyak 3 rapat.