Follow us:   
Kontak kami:    kontak@wikidpr.org
Follow us:   
Kontak kami:    kontak@wikidpr.org
Berita Terkait

Kategori Berita

(MSports.net) Sejak PSSI Vakum, Sepak Bola Indonesia Beranjak Membaik

12/12/2018



Sepak bola Indonesia memang bermasalah dalam beberapa bulan terakhir. Mulai dari ISL yang tak berjalan, beda pendapat antara PSSI dengan Kemenpora, hingga pembekuan PSSI yang terjadi. Tapi ternyata, perbaikan terlihat sejak PSSI vakum.

Memang sejauh ini sepak bola Indonesia diwarnai hanya oleh turnamen-turnamen. Mulai dari Piala Kemerdekaan, Piala Presiden, Habibie Cup, hingga yang saat ini bergulir Jenderal Sudirman Cup. Menurut Letnan Jenderal TNI, Agus Sutomo, kepada MSports, ini adalah sinyal positif bagi sepak bola lokal.

"Saat ini sudah kelihatan sejak PSSI vakum. Mulai dari Piala Kemerdekaan, Piala Presiden, hingga Jenderal Sudirman Cup, semua berjalan dengan baik dan lancar. Saya dukung semua tim dengan adil," tandasnya.

"Kami lihat kemajuan dari sepak bola Indonesia. Seperti Arema yang memperlihatkan militansi dan kerja sama tim yang bagus. Mereka bermain bersih dan kasar, serta tak cengeng. Ketika jatuh langsung berdiri," tambah dia.

Agus juga memastikan bahwa turnamen kali ini akan bersih dan berjalan sesuai aturan serta norma yang seharusnya dalam sepak bola. Dia tak ingin sepak bola Indonesia terus identik dengan sesuatu yang kotor dan penuh dengan kejahilan di belakang.

"Saya tahunya ya yang kami kelola sekarang di Jenderal Sudirman Cup. Kami mencoba membuat semuanya disiplin dari pengawas pertandingan, inspektur, wasit, ini semua terlihat profesional dan objektif. Kami ingin menjaga agar turnamen ini bersih. Pemain juga kami imbau agar bersih, pun dengan penonton," ungkap Agus.

Menarik ketika sang Letnan Jenderal menjelaskan hubungan sepak bola dengan militer. Secara kasat mata memang pesepak bola tak harus berada dalam militer. Tapi banyak ilmu positif dari militer yang bisa diambil di dunia sepak bola.

"Hubungan sepak bola dan militer sebenarnya tak harus ada, sesuai kesepakatan saja. Tetapi ya tentara punya background kepemimpinan, disiplin, tanggung jawab, dan selalu membangun sesuatu agar lebih besar, agar terlatih," pungkas dia.