Skip to main content
WikiDPR.orgMendekatkan Rakyat dengan Wakilnya

Peristiwa Penting DPR-RI Masa Sidang Ke-1 Tahun 2017-2018

13/Nov/2017

Peristiwa Penting DPR-RI Masa Sidang Ke-1 Tahun 2017-2018

Selama masa sidang ke-1 tahun 2017-2018 Periode 16 Agustus-25 Oktober 2017, terdapat beberapa peristiwa penting yang terjadi selama masa persidangan. WikiDPR berhasil mencatat 19 peristiwa penting selama periode tersebut.

Pada Agustus 2017, terdapat 5 peristiwa penting yang terjadi yakni Sidang Paripurna Pembukaan masa sidang ke-1 Tahun 2017-2018 pada 16 Agustus 2017. Kemudian pada 22 sampai 28 Agustus Komisi 2 mengadakan rapat dengan KPU dan Bawaslu tentang Peraturan Bawaslu dan Peraturan KPU. Dua peristiwa penting lainnya pada 29 Agustus adalah Paripurna HUT ke-72 DPR-RI dan penyampaian laporan kinerja DPR-RI tahun 2016-2017 dan Pansus KPK mengadakan rapat dengan Direktur Penydik KPK, Aris Budiman. Selanjutnya pada 30 Agustus Pansus RUU Sisnas IPTEK yang mengadakan rapat dengan Menristekdikti membahas pengesahan pansus.

Beberapa peristiwa penting yang terjadi pada September antara lain Banggar yang mengadakan rapat pengesahan jadwal penyampaian pokok-pokok RAPBN 2018 dan pembentukan panja-panjanya. Kemudian Komisi 8 melakukan rapat dengan Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak tentang pembentukan Panja RUU Kekerasan Seksual. Selanjutnya Komisi 1 melakukan UJi Kelayakan dan Kepatutan Calon Anggota Komisi Informasi Pusat sejak 13 hingga 14 September. Terdapat dua peristiwa penting pada 13 September yaitu Paripurna pengesahan ratifikasi konvensi RUU Minamata tentang Merkuri, perubahan prolegnas, perpanjangan waktu pembahasan RUU Terorisme, dan pengesahan BPKH menjadi mitra Komisi 8 dan Uji Kelayakan dan Kepatutan Calon Hakim MA yang dibahas oleh Komisi 3. Pada 26 September terdapat rapat Paripurna agenda laporan Pansus Angket KPK dan perpanjangannya, laporan hasil Uji Kelayakakan dan Kepatutan anggota KIP dan Hakim Agung Mahkamah Agung (MA). Peristiwa penting terakhir di bulan September adalah Komisi 2 yang melakukan rapat dengan Ombudsman, Dirjen Kemendagri, dan Pemkab Bekasi tentang Meikarta dan pembentukan panjanya.

Peristiwa penting lainnya yaitu pada 27 September hingga 3 Oktober 2017 Komisi 3 melakukan Uji Kelayakan dan Kepatutan Calon Komisioner Komnas HAM. Selain itu korban First Travel juga mengadakan rapat dengan Komisi 8 pada 12 Oktober. Pada 17 Oktober rapat paripurna melakukan pengesahan Komisioner Komnas HAM, pengesahan RUU Kerja Sama Pertahanan dan Keamanan RI-Papua New Guinea, pengesahan RUU Perjanjian ekstradisi RI-RRC, pengesahan RUU Konvensi ASEAN tentang perdagangan orang khususnya perempuan dan anak. Paripurna selanjutnya adalah pada 24 Oktober yang memutuskan untuk mengesahkan RUU Pengesahan Protokol Perubahan Persetujuan Marrakesh mengenai Pembentukan Organisasi Perdagangan Dunia (WTO), Perppu Ormas, dan memperpanjang waktu pembahasan RUU Penyelenggaraan Ibadah Haji dan Umroh (PIHU), RUU PNBP, RUU Pertembakauan, RUU Wawasan Nusantara, RUU Larangan/Pengaturan Minuman Beralkohol (Minol). Sebagai penutupan masa sidang ke-1 tahun 2017/2018 DPR-RI mengadakan paripurna penutupan masa sidang dan mengesahkan RUU Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (PPMI) dan RUU APBN 2018 pada 25 Oktober. Rapat terakhir adalah Komisi 9 yang mengadakan rapat dengar pendapat dengan Kemenaker, BPJS-TK, BPJS-Kes, Pemprov Banten, dan Pemda Banten pada 31 Oktober tentang kecelakaan kerja di pabrik petasan di Tangerang.