Follow us:   
Kontak kami:    kontak@wikidpr.org
Follow us:   
Kontak kami:    kontak@wikidpr.org
Berita Terkait

Kategori Berita

(Tempo.co) Lomba Siswa SMK, Ribuan Siswa Tinggal di Rumah Warga Malang

12/12/2018



TEMPO.COJakarta - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mengadakan Lomba Kompetensi Siswa Sekolah Menengah Kejuruan (LKS-SMK) Tingkat Nasional XXIV tahun 2016.

Namun ada yang berbeda dari acara ini. Para peserta dari seluruh Indonesia selama sepekan penyelenggaraan di Malang Jawa Timur sejak 22 Mei 2016 menginap di rumah-rumah warga. "Ini pertama kali," kata Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Anies Baswedan melalui keterangan persnya yang diterima Tempo, Minggu malam, 22 Mei 2016.

Anies mengatakan para siswa yang berasal dari berbagai daerah tinggal bersama warga Malang sebagai keluarga sebangsanya. Tujuannya, untuk membangun kesadaran mereka, juga keluarga yang ditempati, bahwa Indonesia ini memang beragam dan bhinneka.

Selain itu, ‎melalui program ini ia ingin mengembalikan semangat gerakan di dalam program pemerintah. Kegiatan ini, kata dia, juga dapat diselenggarakan tidak hanya di kota besar yang memiliki fasilitas hotel. 

Pada kunjungannya, Anies juga sempat memberikan semangat kepada para peserta lomba dan mendoakan agar sukses mengikuti lomba. "‎Nanti kalau kamu sudah besar dan punya anak, jalan-jalan ke Malang pasti mampir sini," kata Menteri Anies kepada Nabila Fauziyah, siswa SMKN 8 Jakarta. 

Nabila merupakan siswa kelas 12 jurusan ‎Pemasaran yang mengikuti bidang lomba visual merchandise.

Dengan adanya keterlibatan warga Malang, Anies menganggap hal ini sebagai bukti keterlibatan publik yang nyata dalam aktivitas pendidikan. "Kita dapat menjadikan kegiatan ini bukan hanya milik Kemendikbud, tetapi juga milik kita bersama," ujarnya.

Program ini diikuti 1.153 orang dan pendamping 1.120 yang akan menempati rumah warga sebanyak 234 rumah, dengan masing-masing rumah akan menerima dua atau empat orang peserta/pendamping.