Follow us:   
Kontak kami:    kontak@wikidpr.org
Follow us:   
Kontak kami:    kontak@wikidpr.org
Berita Terkait

Kategori Berita

(Tempo.co) Menpora: Deadline PSSI Menggelar KLB 3 Agustus 2016

12/12/2018



TEMPO.COSurabaya - Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi mengharuskan Konferensi Luar Biasa Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) digelar pada 3 Agustus 2016. 

Tanggal itu sesuai dengan apa yang dianjurkan oleh FIFA. "Ya, harus tanggal itu," kata Imam ketika di Surabaya, Sabtu, 23 Juli 2016.

Dalam KLB tersebut, PSSI harus melaksanakan rekomendasi FIFA, yaitu mengganti ketua umum, wakil ketua, hingga Komite Eksekutif PSSI. "Rekomendasi itu harus dilaksanakan," ujarnya. 

Imam menjelaskan, pemerintah akan mengawal dan mengawasi proses terjadinya KLB tersebut. Selain itu, pemerintah, kata Imam, siap ikut menyukseskan adanya KLB PSSI. Dia akan terus memastikan PSSI soal KLB.

Soal adanya rencana mundurnya KLB, pemerintah akan melihat dan mengkaji terlebih dulu mengenai apa penyebabnya. Jika memang mundurnya KLB karena PSSI tak berniat melakukan KLB, pemerintah berniat tak akan mendukung PSSI lagi. "Mungkin juga akan bisa mencabut dukungan kepada PSSI seperti yang pernah kami lakukan kemarin," tutur Imam.

KLB PSSI sebelumnya telah direstui Federasi Sepak Bola Internasional (FIFA) dan Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) setelah mengabulkan permohonan Kongres Luar Biasa Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) yang diajukan Kelompok 85 sebagai pemegang suara.

Restu KLB keluar setelah sembilan perwakilan Kelompok 85 bertemu dengan Kepala Asosiasi Anggota FIFA Primo Corvaro serta Kepala Asosiasi Anggota dan Pengembangan AFC Sanjeevan Balasingam di kantor PSSI di kawasan Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, kemarin.

Pelaksana tugas Ketua Umum PSSI Hinca Panjaitan, yang ikut dalam rapat tersebut, mengatakan FIFA meminta mereka menggelar kongres tahunan pada 3 Agustus mendatang. Menurut Hinca, FIFA ingin PSSI melengkapi sejumlah komponen yang diperlukan untuk menggelar KLB.