Follow us:   
Kontak kami:    kontak@wikidpr.org
Follow us:   
Kontak kami:    kontak@wikidpr.org
Berita Terkait

Kategori Berita

(Tempo.co) Menteri Darmin: Jangan Hanya Andalkan Pendidikan Formal

12/12/2018



TEMPO.COJakarta - Menteri Koordinator Perekonomian Darmin Nasution mengatakan Indonesia tidak dapat mengandalkan pendidikan formal saja. Seusai rapat koordinasi pelatihan ketenagakerjaan, dia berujar, pelatihan keterampilan diperlukan untuk meningkatkan kompetensi yang sesuai dengan kebutuhan industri.

Darmin mendorong lahirnya lembaga-lembaga pelatihan keterampilan, seperti lembaga pelatihan yang dibentuk oleh perusahaan swasta. "Lembaga itu kemudian perlu diakreditasi oleh Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP)," kata Darmin dalam keterangan tertulisnya, Rabu, 11 Mei 2016.

Darmin juga meminta standar kompetensi yang telah ditetapkan saat ini lebih ditingkatkan. Diharapkan, ada mekanisme yang mendorong asosiasi industri dan profesi untuk ambil bagian dalam menyusun standar kompetensi.

Nantinya, menurut Darmin, standar kompetensi dapat diajukan ke BNSP untuk dibakukan. "Sehingga, baik standar kompetensi maupun lembaga-lembaga pelatihan yang sudah terakreditasi, dapat dihargai setara dengan pendidikan formal." 

Kepala BNSP Sumarna Abdurahman, yang juga hadir dalam rapat tersebut, mengatakan BNSP  tengah mendorong lembaga pelatihan agar memiliki standar kompetensi. "Kurangnya dana dan belum adanya lembaga sertifikasi di beberapa sektor juga menjadi fokus BNSP," tuturnya.