Follow us:   
Kontak kami:    kontak@wikidpr.org
Follow us:   
Kontak kami:    kontak@wikidpr.org
Berita Terkait

Kategori Berita

(VIVA.co.id) Bambang Soesatyo: Soal Budi Gunawan, Pimpinan DPR 'Offside'

12/12/2018



VIVA.co.idSekretaris Fraksi Golkar DPR Bambang Soesatyo mengatakan jika kabar yang beredar benar bahwa Presiden Jokowi batal melantik Budi Gunawan sebagai Kapolri, maka ini akan menjadi tamparan keras bagi DPR. 

"Kami juga menyayangkan sikap pimpinan DPR yang secara tidak sadar merendahkan lembaga yang dipimpinnya itu saat mereka bertemu presiden di Istana," kata Bambang dalam keterangan persnya, Jumat 6 Februari 2015.

Menurut dia, para pimpinan DPR itu dengan serta merta tanpa minta persetujuan atau membicarakannya terlebih dahulu dengan pimpinan fraksi-fraksi lainnya di DPR, mengatakan bahwa DPR menyerahkan sepenuhnya keputusan soal Budi Gunawan dilantik atau tidak dilantik kepada presiden.

"Ini jelas keliru atau offside. Tugas utama pimpinan DPR adalah menjaga marwah institusi DPR sekaligus juru bicara parlemen sebagaimana diatur dalam UUMD3," katanya.

Mereka tidak bisa menyimpulkan sendiri pendapat DPR atau membuat agenda-agenda negara lainnya. "Suara mereka adalah suara DPR, bukan pribadi-pribadi. Soal Budi Gunawan, dengan menyerahkan sepenuhnya keputusan dilantik atau tidak dilantiknya Budi Gunawan ke presiden, sekali lagi itu merendahkan martabat DPR," kata dia

Menurut Bambang, itu jelas bukan suara DPR, tapi suara pribadi pimpinan. Sebab, sidang Paripurna DPR telah memutuskan dan memberikan persetujuan kepada BG untuk menjadi Kapolri sebagaimana permohonan presiden sendiri dalam suratnya ke DPR.

Sehingga dalam proses politik ini, suka atau tidak suka, Budi Gunawan harus dilantik. Setelah dilantik mau diberhentikan. Itu baru terserah presiden.

"Kita paham bahwa proses politik di Dewan maupun di Istana, tidak boleh menafikan hukum. Tapi menjaga kehormatan lembaga tinggi negara seperti DPR, juga tidak bisa dikesampingkan begitu saja."