Skip to main content
WikiDPR.orgMendekatkan Rakyat dengan Wakilnya

Pembahasan RKA K/L dan RKP K/L Tahun 2019 – RDP Komisi 10 dengan Kepala Bekraf

Komisi/AKD: Komisi 10, Tanggal Rapat: 06/Jun/2018,  Ditulis Tanggal: 12/Jun/2018

Mitra Kerja: Kepala Bekraf Pembahasan RKA K/L dan RKP K/L Tahun 2019 – RDP Komisi 10 dengan Kepala Bekraf

Pada 6 Juni 2018, Komisi 10 DPR-RI mengadakan Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Kepala Bekraf tentang Pembahasan RKA K/L dan RKP K/L Tahun 2019. Rapat dipimpin dan dibuka oleh Djoko Udjianto dari Fraksi Demokrat dapil Jawa Tengah 3 pada pukul 14:42 WIB. Rapat dihadiri 30 dari 53 anggota dan dinyatakan terbuka untuk umum.

Pemaparan Mitra

Berikut merupakan pemaparan mitra:

  • Program prioritas nasional ada 5, pengurangan kesenjangan wilayah, peningkatan ekonomi, pembangunan manusia, pemantapan kebutuhan energi dan stabilitas keamanan nasional.
  • Kegiatan Bekraf dilakukan untuk mendukung tiga program prioritas.
  • Sasaran yang akan dicapai yaitu menjadikan ekonomi kreatif, indikatornya pertumbuhan Produk Domestik Bruto (PDB)nasional, pertumbuhan PDB Ekraf, tenaga kerja, nilai ekspor bruto.
  • Sasaran strategis Bekraf meliputi pertumbuhan Ekraf 5,8%, tenaga kerja 17,20 juta orang, dan nilai ekspor bruto 21,58 Miliar USD
  • Pagu indikatif RAPBN 2019 sebesar Rp706M dengan kunjungan manajemen dan pelaksanaan tugas teknis Rp128, 5M dan program pengembangan Ekraf Rp577,6M.
  • Terdapat Deputi Riset Edukasi dan Pengembangan, Deputi Akses dan Persandian, Deputi Infrastuktur.
  • Bekraf dengan usulan tambahan tahun 2019, Bekraf Festival, Fasilitasi Sertifikat Profesi, Pasar Seni, London Festival dll

 

Pemantauan Rapat

Berikut merupakan respons anggota terhadap pemaparan mitra:

Fraksi PDIP: Esti Wijayati dari Yogyakarta. Esti menanyakan apakah Bekraf masih belum diikutkan dengan pembangunan nasional oleh pemerintah. Esti menambahkan sesungguhnya konsentrasi Bekraf mengerucut pada rakyat dengan program-program yang ada

Fraksi Golkar: Mujib Rohmat dari Jawa Tengah 1. Mujib mengatakan ia masih bingung dengan kegunaan legislasi mengenai Bekraf dan masyarakat pun masih kebingungan.

Oleh Ferdiansyah dari Jawa Barat 11. Ferdiansyah menanyakan bahwa pertumbuhan dalam konteks pemerataan arahnya Bekraf kemana.

Fraksi Gerindra: Sutan Adil Hendra dari Jambi. Sutan menjelaskan bahwa pembangunan sesuai dengan pasal 33 poin 4 Undang-Undang Dasar tema RKP Pemerataan Pembangunan untuk pertumbuhan berkualitas. Sutan menjelaskan bahwa Komisi 10 berharap menyampaikan rujukan dan data target sasaran RKP dan RKA K/L. Sutan menanyakan bagaimana output pembangunan bidang ekonomi kreatif dalam mencapai kesempatan kerja. Sutan menyampaikan pagu indikatif RAPBN Bekraf sebesar Rp706,2M turun dari tahun 2018 yang sebesar Rp746,1M. Sutan pun memberikan apresiasi atas penunjukan status Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) karena menurut Sutan itu suatu prestasi besar kepada Bekraf.

Oleh Moh Nizar Zahro dari Jawa Timur 11. Nizar bertanya terkait rincian satuan tiga Undang-Undang APBN dari Kementerian/Lembaga (K/L) mitra Komisi 10. Nizar menambahkan dalam Rencana Kerja Pemerintah (RKP) yang diusul grand design yaitu pemerataan pembangunan. Nizar mengingatkan agar Bekraf berhati-hati dan harus segera dirinci dimana letak pemerataannya.

Fraksi Demokrat: Putu Supadma Rudana dari Bali. Putu bertanya bagaimana kedepannya Bekraf dalam rangkan menaikkan devisa Indonesia.

Oleh DJoko Udjianto dari Jawa Tengah 3. DJoko menyatakan bahwa Komisi 10 DPR-RI harus lebih berkoordinasi lagi dengan Bekraf.

 

Respons Mitra

Berikut merupakan respons mitra terhadap pemantauan rapat:

  • Bekraf yakin Komisi 10 juga ke daerah itu pasti menginspirasi pemerataan.
  • Memang untuk narasumber jangan yang ecek-ecek.
  • Bekraf menyetujui dan memohonan dukungan Komisi 10, dan bukan Bekraf tidak mau memfokuskan kepada subsektor tetapi memang harus ada yang di prioritaskan.
  • Bekraf akan terus memperbaiki diri dan tentu ada jawaban tertulis nanti.

 

Kesimpulan

Rapat tidak menghasilkan kesimpulan.

 

Penutup

RDP Komisi 10 dengan Bekraf tentang pembahasan RKA K/L dan RKP K/L Tahun 2019 ditutup oleh Djoko Ujianto dari Fraksi Demokrat dapil Jawa Tengah 3 pada pukul 16:49 WIB.

Untuk mengikuti rangkaian livetweet RDP Komisi 10 dengan Bekraf tentang pembahasan RKA K/L dan RKP K/L Tahun 2019, Kunjungi https://chirpstory.com/li/394478

 

Ilustrasi: palapanews.com

WikiDPR/fr/fy