Skip to main content
WikiDPR.orgMendekatkan Rakyat dengan Wakilnya

RAPBN 2017 - RDP Komisi 1 dengan LPP-RRI dan LPP-TVRI

Komisi/AKD: Komisi 1, Tanggal Rapat: 05/May/2017,  Ditulis Tanggal: 05/May/2017

Mitra Kerja: LPP RRI LPP TVRI RAPBN 2017 - RDP Komisi 1 dengan LPP-RRI dan LPP-TVRI

Pada 4 September 2016 Komisi 1 DPR-RI mengadakan Rapat Dengar Pendapat dengan Lembaga Penyiaran Publik Radio Republik Indonesia (LPP RRI) dan Lembaga Penyiaran Publik Televisi Republik Indonesia (LPP TVRI) tentang Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara(RAPBN) 2017. Rapat dipimpin oleh Meutya Hafid dari Fraksi Golkar dapil Sumatera Utara 1.

 

Pemaparan Mitra

Berikut merupakan pemaparan mitra:

  • LPP TVRI melakukan survei dengan lembaga non AC Nielsen hasilnya channel share tinggi.

  • LPP TVRI berharap dapat melakukan peremajaan channel TVRI.

  • Untuk oliampiade Rio, anggarnya sebesar Rp330 Juta untuk biaya.  Sementara  untuk PON dianggarkan Rp1,4 Triliun.

 

Pemantauan Rapat

Berikut merupakan respon anggota terhadap pemaparan mitra:

Fraksi Golkar: oleh Meutya Hafid dari Sumatera Utara 1. Meutya mengatakan bahwa anchor, kameramen yang berasal dari MetroTV dan TVOne dulu belajarnya dari TVRI. Meutya menyampaikan selain punya hutang, TVRI juga punya piutang yang harus ditagih.

Fraksi NasDem: oleh Supiadin Aries Saputra dari Jawa Barat 11. Supiadin mengatakan hutang TVRI harus ada penyelesaiannya.

Fraksi Hanura: oleh Moh. Arief S Suditomo dari Jawa Barat 1. Arief mendorong agar TVRI ambil alih slot lebih banyak pada pertandingan PON.

 

Respon Mitra

Berikut respon mitra terhadap pemantauan rapat:

  • MNCTV hanya mengambil 3 slot pertandingan.

  • LPP TVRI mempunyai acara talk show lagu agar pendidikan tidak terlalu serius.

  • Ada acara anak yang mengundang tokoh politik sebagai bagian pendidikan politik.

 

Kesimpulan

Kesimpulan RDP dengan LPP TVRI dan LPP RRI:

  1. Komisi 1 DPR-RI telah mendengarkan penjelasan; a) Dirut Lembaga Penyiaran Publik Radio Republik Indonesia (LPP-RRI) terkait Alokasi Pagu Anggaran LPP Rri Tahun Anggaran (T) 2017 sebesar Rp969.448.063.000,00 (Sembilan Ratus Enam Puluh Sembilan Miliar Empat Ratus Empat Puluh Delapan Juta Enam Puluh Tiga Ribu Rupiah) dan ; b) Dirut Lembaga Penyiaran Publik Televisi Republik Indonesia (LPP-TVRI) terkait Alokasi Pagu Anggaran LPP TVRI T.A 2017 sebesar Rp796.298.043.000,00 (Tujuh Ratus Sembilan Puluh Enam Miliar Dua Ratus Sembilan Puluh Delapan Juta Empat Puluh Tiga Ribu Rupiah)

Selanjutnya, Komisi 1 DPR-RI akan menyampaikan kepada Badan Anggaran DPR-RI untuk dapat ditindak lanjuti.

  1. Komisi 1 DPR-Ri telah mendengarkan penjelasan LPP TVRI terkait dengan usulan kebutuhan Tambahan Anggaran T.A 2017 yang telah disetujui pada saat Trilateral Meeting antara LPP TVRI dengan Kementerian Keuangan dan Kementrian PPN/Kepala Bapennas sebesar Rp71.127.700.000,00(Tujuh Puluh Satu Miliar Seratus Dua Puluh Tujuh Juta Tujuh Ratus Ribu Rupiah), dengan rincian sebagai beriku: a) Persiapan ASEAN GAMES 2018 di Jakarta dan Palembang sebesar Rp57.127.700.000,00 (Lima Puluh Tujuh Miliar Seratus Dua Puluh Tujuh Juta Tujuh Ratus Ribu Rupiah) dan b) Pemeliharaan Pemancar se Indonesia (BBM Transmisi) sebesar Rp14.000.000.000,00 (Empat Belas Miliar Rupiah).

Selanjutnya, Komisi 1 DPR-RI akan menyampaikan kepada Badan Anggaran DPR-RI untuk dapat ditindak lanjut.

  1. Komisi 1 DPR-RI mendesak LPP TVRI untuk menindak lanjuti kesimpulan rapat dengan Komisi 1 DPR-RI tanggal 5 September 2016 terkait penyelesaian utang-piutang LPP TVRI.

  2. Berkaitan dengan masukan-masukan dari Komisi  DPR-RI terhadap Program Kerja/Anggaran LPP RRI dan LPP TVRI T.A. 2017, maka LPP RRI dan LPP TVRI wajib menindaklanjuti dengan melakukan penyesuaian.

 

Penutup

Rapat Dengar Pendapat Komisi 1 dengan LPP RRI dan LPP TVRI tentang RAPBN 2017 ditutup oeh Meutya Hafid dari Fraksi Golkar dapil pukul 16:43 WIB.

Untuk membaca rangkaian livetweet dari Rapat Dengar Pendapat dengan LPP RRI dan LPP TVRI, silahkan kunjungi https://chirpstory.com/li/329230.

 

wikidpr/lk/rf-rhs

 

Ilustrasi: twitter.com/penyiaranpublik