Skip to main content
WikiDPR.orgMendekatkan Rakyat dengan Wakilnya
Home  > RUU  >  RUU Perubahan atas UU No 11 tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE)

RUU Perubahan atas UU No 11 tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE)

Telah didiskusikan di DPR selama:
1166 hari

Pengantar RUU / UU

RUU Informasi dan Transaksi Elektronik RUU (Revisi UU No 11 tahun 2008) disahkan menjadi UU pada sidang Paripurna pada 27 Oktober 2016.

Perubahan terhadap UU ITE disepakati menyesuaikan dengan perkembangan teknologi dan informasi serta mengakomodasi putusan MK, diantaranya tindap pidana penghinaan dan atau pencemaran nama baik dalam bidang ITE bukan semata-mata sebagai delik umum melainkan sebagai delik aduan.

 

Dalam perubahan UU ITE terjadi pengurangan sanksi denda terhadap tindak pidana pencemaran nama baik yang semula maksimal 6 (enam) tahun penjara dan atau denda sebanyak 1 miliar rupiah menjadi maksimal penjara 4 (empat) tahun dan atau denda sebanyak 750 juta rupiah.

 

Salah satu dari substansi baru yang disetujui pemerintah bersama Komisi 1 DPR adalah, menambah ketentuan mengenai kewajiban pemerintah melakukan pencegahan penyebarluasan dan penggunaan informasi Elektronik dan atau dokumen elektronik yang memiliki muatan yang dilarang sesuai ketentuan peraturan perundag-undangan (Pasal 40 ayat (2a) RUU tentang Perubahan atas UU ITE. Untuk itu pemerintah berwenang melakukan pemutusan akses dan atau memerintahkan Penyelenggara Sistem Elektronik untuk melakukan pemutusan akses terhadap Informasi Elektronik dan atau Sistem Elektronik yang memiliki muatan yang melanggar hukum.

Rapat Tentang RUU / UU

13 Apr 2016: RUU ITE - Raker Komisi 1 dengan Menteri Komunikasi dan Informatika
Pada 13 April 2016 Komisi 1 menggelar Rapat Kerja (Raker) dengan Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Rudiantara, membahas Rancangan Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik.RudiantaraRaker dipimpin oleh Tubagus Hasanuddin dapil J... Baca Selengkapnya

Rapat Tentang RUU / UU

14 Mar 2016: Revisi UU ITE – Rapat Kerja Komisi 1 dengan Menkominfo dan Kemenkumham
Pada 14 Maret 2016, Komisi 1 mengadakan Rapat Kerja dengan Menteri Komunikasi dan Informasi (Menkominfo), Rudiantara dan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia  (Kemenkumham) tentang Rancangan Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik (RUU IT... Baca Selengkapnya

Hasil Pleno Fraksi

Belum ada hasil pleno

Share