Follow us:   
Kontak kami:    kontak@wikidpr.org
Follow us:   
Kontak kami:    kontak@wikidpr.org
Partai Kebangkitan Bangsa - Jawa Barat XI
Komisi IV - Pertanian, Perkebunan, Kehutanan, Kelautan, Perikanan, Pangan
     


Informasi Pribadi

Tempat Lahir
Tasikmalaya
Tanggal Lahir
01/08/1958
Alamat Rumah
Pondok Pesantren Cipasung, RT.002/RW.007. Cipakat. Singaparna. Tasikmalaya. Jawa Barat
No Telp

Informasi Jabatan

Partai
Partai Kebangkitan Bangsa
Dapil
Jawa Barat XI
Komisi
IV - Pertanian, Perkebunan, Kehutanan, Kelautan, Perikanan, Pangan

Latar Belakang

Acep Adang Ruhiat terpilih menjadi Anggota DPR-RI periode 2014-2019 dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) mewakili Dapil Jawa Barat XI setelah memperoleh 71,697 suara. Acep adalah seorang pendidik dan mantan dosen.  Acep sebelumnya pernah bertugas menjadi Anggota DPRD Propinsi Jawa Barat periode 2009-2014.

Acep Adang Ruhiat adalah putra asli sunda khususnya Tasikmalaya yang menghabiskan masa SD, SMP, dan SMAnya di Kecamatan Cipasung Kabupaten Tasikmalaya. Masa sekolah beliau berada pada sekolah yang berlandaskan Islam, mulai dari Madrasah Ibtidaiyah sampai SMP dan SMA Islam, beliau menyelesaikan pendidikan SDnya pada Tahun 1971 di Madrasah Ibtidaiyah Cipasung yang dilanjutkan ke jenjang selanjutnya pada SMP Islam Cipasung dan diselesaikan pada tahun 1973, selanjutnya beliau melanjutkan pendidikannya pada SMA Islam Cipasung yang diselesaikan pada tahun 1976.

Untuk memperkaya ilmu, beliau melanjutkan pendidikan ke Universitas Siliwangi dan mendapatkan gelar sarjana muda pada Tahun 1984 tidak sampai disitu beliau langsung melanjutkan pendidikan ditahun yang sama akan kelulusannya pada satu almamater yaitu Universitas Siliwangi dan menyelesaikan pendidikan sarjana pada Tahun 1988 dengan mendapatkan gelar Doktorandus (Drs). Tidak sampai disitu, untuk mempertajam khazanah ilmu beliau melanjutkan pendidikan pasca sarjana di Universitas Garut dan menyelesaikan pendidikannya pada tahun 2000 untuk mendapatkan gelar Master of Sains (M.Si).

Pendidikan

S1, Universitas Siliwangi, Tasikmalaya (1988)
S2, Universitas Garut, Garut (2000)

Perjalanan Politik

Pengalaman berpolitik Acep Adang Ruhiat dimulai sejak masa kuliahnya yang bermula dari Pengurus Perhimpunan Mahasiswa Universitas Siliwangi Taksimalaya Tahun 1982-1984, tidak sampai disitu semasa kuliah beliau juga mengikuti organisasi lainnya yaitu menjadi aktivis pada organisasi Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia pada tahun 1983-1986. Setelah lulus beliau banyak mengikuti organisasi yang yang berada di daerah Tasikmalaya mulai dari BP KNPI Kecamatan Singaparna sebagai ketua, Pemuda Pancasila sebagai wakil ketua, Organisasi KNPI Kabupaten Tasikmalaya sebagai wakil ketua, dan masih banyak lagi organisai yang beliau ikuti.

Untuk mengmbangkan karirnya dibidang politik beliau bergabung dengan Partai Kebangkitan Bangsa atau yang biasa dikenal dengan PKB. Pada tahun 2008 beliau ditunjuk sebagai Ketua Dewan Tanfidz PKB Kabupaten Tasikmalaya, dari sini karir politik beliau cukup cepat meranjak karena tidak butuh waktu lama yaitu selesai masa jabatannya sebagai ketua dawn Tanfidz beliau diangkat menjadi Ketua Dewan Suro Partai PKB pada tahun 2011 sampai tahun 2016.

Visi & Misi

Belum Ada

Program Kerja

Belum Ada 

Sikap Politik

belum ada

Tanggapan

Evaluasi, Kebijakan dan Implementasi Litbang

29 Januari 2018 - Pada rapat dengar pendapat (RDP) dengan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Kementerian Pertanian, Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi, dan Kementerian Kelautan dan Perikanan Acep menanyakan terkait program cetak sawah baru, lalu dampak penenggelaman kapal ini terkadang mereka menggunakan dinamit yang ditakutkan akan mengancam ekosistem laut. [sumber]

Pengambilan Suara Mahkamah Kehormatan Dewan Untuk Kelanjutan Kasus Pencatutan Nama Presiden RI oleh Ketua DPR

1 Desember 2015 - Acep Adang mengambil suara untuk melanjutkan  sidang, namun melakukan verifikasi terlebih dahulu terkait dengan kasus pencatutan nama Presiden RI oleh Ketua DPR. (sumber)

Rencana Strategis Kementerian Pertanian

2 April 2015 - Menurut Acep dana pembukaan lahan baru sebesar Rp.1.7 triliun lebih baik digunakan untuk perbaikan irigasi. Acep minta klarifikasi kepada Menteri Pertanian indikator yang digunakan untuk menandakan kita bisa swasembada pangan 3 tahun ke depan. Menurut Acep swasembada pangan dalam 3 tahun sangat susah karena masih banyak masalah yang harus diperbaiki. Menurut Asep di Banyuasin banyak petani yang sudah memberikan uang tetapi pupuk bersubsidi baru datang ketika mau panen. Hambatan ini perlu segera dicari akar masalahnya.  [sumber]

Informasi Pribadi

Tempat Lahir
Tasikmalaya
Tanggal Lahir
01/08/1958
Alamat Rumah
Pondok Pesantren Cipasung, RT.002/RW.007. Cipakat. Singaparna. Tasikmalaya. Jawa Barat
No Telp

Informasi Jabatan

Partai
Partai Kebangkitan Bangsa
Dapil
Jawa Barat XI
Komisi
IV - Pertanian, Perkebunan, Kehutanan, Kelautan, Perikanan, Pangan