Follow us:   
Kontak kami:    kontak@wikidpr.org
Follow us:   
Kontak kami:    kontak@wikidpr.org
Partai Kebangkitan Bangsa - Jawa Timur I
Komisi VII - Energi Sumber Daya Mineral, Riset & Teknologi, Lingkungan Hidup
     


Informasi Pribadi

Tempat Lahir
Sidoarjo
Tanggal Lahir
03/11/1985
Alamat Rumah
Desa Kenongo, RT.001/RW.004, Kenongo. Kecamatan Tulangan. Kabupaten Sidoarjo. Jawa Timur
No Telp

Informasi Jabatan

Partai
Partai Kebangkitan Bangsa
Dapil
Jawa Timur I
Komisi
VII - Energi Sumber Daya Mineral, Riset & Teknologi, Lingkungan Hidup

Latar Belakang

Syaikhul Islam Ali terpilih menjadi Anggota DPR-RI periode 2014-2019 dari Partai Keadilan Bangsa (PKB) untuk Dapil Jawa Timur 1 setelah memperoleh suara tertinggi di Dapilnya yaitu 91.211 suara. 

Syaikhul Islam Ali termasuk salah satu anggota "angkatan muda" yang mengisi kursi legislatif. Ketika dilantik, Syaikhul baru berusia 28 tahun. Syaikhul adalah putra KH Agus Ali Mashuri atau Gus Ali, ulama kharismatik asal Tulangan, Sidoarjo.

Pendidikan

S1, Universitas Al Azhar, Mesir (2009)
S2, Universitas Airlangga, Surabaya (2012)

Perjalanan Politik

Terpilihnya Syaikhul sebagai anggota DPR 2014-2019 menjadi penanda kiprahnya di dunia politik. Syaikhul melenggang ke Senayan setelah berhasil meraih surara tertinggi (91.211 suara) di Dapil Jatim I. Di dapil yang sama, jumlah suara tersebut bahkan mengalahkan Imam Nahrawi (80.283 suara), politikus senior PKB yang kemudian dilantik menjadi Menteri Pemuda dan Olahraga.

Syaikhul besar di lingkungan pesantren dan sangat mengagumi pemikiran-pemikiran Gus Dur tentang humanisme dan toleransi. Sebagai santri, Syaikhul dan 9 santri lainnya lolos seleksi Pemerintah Provinsi Jawa Timur untuk mengikuti pelatihan di The Denmark Agriculture College, Western Australia dalam program Sister Province.

Visi & Misi

belum ada

Program Kerja

belum ada

Sikap Politik

belum ada

Tanggapan

Perkembangan Pembangunan Smelter

24 Mei 2018 - Pada RDP Komisi 7 dengan Dirjen Minerba, Syaikhul menanggapi agar rapatnya tidak seperti kuliah pagi maka penjelasannya langsung saja ke Izin Usaha Pertambangan (IUP) dan Kontrak Karya (KK)-nya. [sumber

RAPBN 2017 Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan

19 Juli 2016 - Pada Rapat Kerja (Raker) Komisi 7 dengan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Siti Nurbaya Bakar, Syaikul meminta agar program prioritas nasional ke depannya dibuatkan roadmap-nya. [sumber]

Reklamasi Pantai Utara Jakarta

11 April 2016 - Syaikhul menanyakan MenLHK apakah persoalan reklamasi Jakarta sudah masuk Rencana Tata Ruang Wilayah Nasional (RTRW). Menurut Syaikhul, yang harus diutamakan dalam reklamasi pantai utara Jakarta adalah keberhasilannya di masa depan.  [sumber]

Kasus Pembunuhan dan Penganiayaan Aktivis Lingkungan Hidup Salim Kancil

29 September 2015 - (OkeZone.com) - Kasus penganiayaan berujung maut terhadap dua orang petani warga Desa Selok Awar-Awar, Kecamatan Pasirian, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur sudah sangat memperihatinkan.

Korban pembunuhan bernama Salim Kancil (52) dan korban penganiayaan berat bernama Tosan (51). Salim dianiaya oleh sejumlah preman hingga tewas yang diduga suruhan kepala desa setempat. Sementara temannya, Tosan mengalami luka parah setelah berhasil melarikan diri.

Politisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Syaikhul Islam Ali mengecam keras aksi brutal tersebut. Dia menyayangkan peristiwa itu sampai terjadi, terlebih sampai melibatkan kepala desa setempat.

“Saya mengecam keras aksi brutal itu, sangat tidak manusiawi. Saya minta pihak Kepolisian mengusut tuntas kejadian itu,” ucap legislator asal Jawa Timur itu dalam keterangannya kepada Okezone di Jakarta, Selasa (29/9/2015).

Selain mengecam, Wakil Ketua Komisi VII DPR RI itu juga meminta Kementerian ESDM sebagai supervisor dan Pemda setempat menertibkan tambang pasir ilegal yang termasuk jenis galian C. Ditegaskannya, aktivitas penambangan pasir itu jelas telah merusak lingkungan.

“PKB dengan tegas minta penambangan pasir, baik di Lumajang maupun di manapun agar ditertibkan. Lihat saja, akibat penambangan pasir liar di Desa Selok Awar-Awar lahan pertanian menjadi tandus. Selain itu, debu-debu bertebaran juga ganggu warga setepat,” tegasnya.

Dia menambahkan, tambang pasir di wilayah tersebut berada di pesisir pantai yang merupakan kawasan lindung di bawah Perhutani.

“Sudah jelas itu tambang ilegal, kok dibiarkan. Mana tanggung jawab dinas pertambangan dan dinas terkait lainnya?” keluhnya. (sumber

Asumsi Pokok Lifting, Harga dan Subsidi BBM untuk 2016

9 Juni 2015 - Syaikhul minta penjelasan ke Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (MenESDM) mengapa kita tidak mengacu pada harga minyak di OPEC saja tapi malah mengacu pada Brent atau WTI. Syaikhul dorong MenESDM untuk ganti istilah subsidi saja.  [sumber]

Kenaikan Harga BBM

30 Maret 2015 - Syaikhul menyoroti mekanisme penentuan harga BBM. Sebagai salah satu komoditas yang disubsidi Pemerintah, menurut Syaikhul aneh bin ajaib kalau minyak dikenakan pajak oleh negara. Syaikhul minta klarifikasi ke Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (MenESDM) formulasi harga BBM berasal dari Pertamina atau dari internal KemenESDM. Syaikhul saran ke MenESDM baiknya KemenESDM mempunyai mekanisme formulasi harga BBM sendiri dan memiliki prediksi harga minyak untuk 1 tahun kedepan.  [sumber]

Informasi Pribadi

Tempat Lahir
Sidoarjo
Tanggal Lahir
03/11/1985
Alamat Rumah
Desa Kenongo, RT.001/RW.004, Kenongo. Kecamatan Tulangan. Kabupaten Sidoarjo. Jawa Timur
No Telp

Informasi Jabatan

Partai
Partai Kebangkitan Bangsa
Dapil
Jawa Timur I
Komisi
VII - Energi Sumber Daya Mineral, Riset & Teknologi, Lingkungan Hidup