Follow us:   
Kontak kami:    kontak@wikidpr.org
Follow us:   
Kontak kami:    kontak@wikidpr.org
PDI Perjuangan - Sumatera Barat II
Komisi VIII - Agama, Sosial, Pemberdayaan Perempuan


Informasi Pribadi

Tempat Lahir
Ujung Gading
Tanggal Lahir
10/08/1971
Alamat Rumah
Jl. Bali, Desa Ujung Gading, Lembah Melintang, Kab. Pasaman Barat, Sumatera Barat
No Telp

Informasi Jabatan

Partai
PDI Perjuangan
Dapil
Sumatera Barat II
Komisi
VIII - Agama, Sosial, Pemberdayaan Perempuan

Latar Belakang

Agus Susanto terpilih menjadi Anggota DPR-RI periode 2014-2019 dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) mewakili Dapil Sumatera Barat II setelah memperoleh 39,131 suara.  Agus adalah mantan Anggota DPRD Provinsi Sumatera Barat (2009-2014).  Agus adalah seorang pengusaha dan pemilik dari PT.Kayu Lapis Indonesia.  

Agus Susanto mengenali pertama kali dunia politik hampir dua puluh tahunan yang lalu di kota kelahirannya Ujung Gading pada masa orde baru. Saat itu di kota kelahirannya tersebut adalah basis sebuah partai yang identik dengan warga hijau, hampir disetiap orang kalau bukan Pegawai Negeri Sipil (PNS) atau keluarganya pasti akan berorientasi politik partai tersebut.

Agus Susanto: “Walaupun partai saya tidak berjargon agama saya yakin saya bisa berbuat yang lebih baik untuk kemajuan agama saya, atau walaupun beroposisi dengan pemerintah saya yakin bisa ikut berpartisipasi dalam pembangunan."

Agus pertama kali terpilih menjadi wakil rakyat pada pemilu 2004 untuk DPRD Kabupaten Pasaman Barat.

Pada pemilu 2009 ia maju ke jenjang lebih tinggi, ini ditandai dengan terpilihnya Ia menjadi anggota DPRD Sumatera Barat.

Agus Susanto ditangkap Polisi dari Direktorat Tindak Pidana Tertentu (Dirtipiter) Bareskrim Mabes Polri di 2008 karena penggelapan uang senilai Rp.2.6 milyar milik rekan bisnisnya tertanggal 8 Maret 2006. (sumber)

Pendidikan

SD 01 Ujung Gading, Pasaman, Sumatera Barat
SMP 01 Ujung Gading, Pasaman, Sumatera Barat
SMA 01 Lembah Melintang, Ujung Gading, Pasaman, Sumatera Barat
S1, Universitas Eka Sakti (UNES), Padang, Sumatera Barat.

Perjalanan Politik

Simpatisan dan Kader PDI-Perjuangan Kabupaten Pasaman
Sekretaris Kecamatan PDI-Perjuangan Kecamatan Lembah Melintang Kab. Pasaman
Ketua Kecamatan PDI-Perjuangan Kecamatan Lembah Melintang, Kab Pasaman
Sekretaris Cabang PDI-Perjuangan Pasaman Barat.
Sekretaris DPD PDI-Perjuangan Provinsi Sumatera Barat.
Bendahara DPC PDIP Perjuangan Kab. Pasaman Barat
Sekretaris DPD PDIP Sumatera Barat
DPRD Kab. Pasaman Barat 2004-2009
DPRD Sumatera barat 2009-2014

Visi & Misi

  1. berbuat untuk masyarakat dan membuktikan bahwa pilihan politiknya juga mampu berbuat yang lebih baik untuk masyarakat kehidupannya adalah milik rakyat, tidak hanya sebatas konstituen akan tetapi seluruh masyarakat Sumatera Barat.
  2. Walaupun partai saya tidak berjargon agama saya yakin saya bisa berbuat yang lebih baik untuk kemajuan agama saya
  3. Walaupun beroposisi dengan pemerintah saya yakin bisa ikut berpartisipasi dalam pembangunan. Ia tidak menghilangkan sikap kerakyatannya, karena menurutnya ia hanyalah orang yang di amanahkan untuk mewakili mereka (rakyat), oleh karena itu Agus tidak pernah canggung untuk berbaur dengan mereka, selalu meluangkan waktu untuk sekedar ngopi “maota kadai” sekaligus untuk menampung aspirasi masyarakat.

Program Kerja

Selalu memrioritaskan program-rogram pro rakyat ketika pembahasan RAPBD, karena menurut Agus target utama dari pembangunan nasional adalah masyarakat menengah bawah, Oleh karena itu merekalah yang paling pantas diperjuangkan. 

Agus: "Yang paling utama itu adalah petani dan nelayan karena bagaimana kita memajukan sebuah bangsa kalau petani dan nelayannya tidak sejahtera?"

Agus: "saya tetap memperjuangkan kesejahteraan PNS, Pedagang atau lintas profesi lainnya, akan tetapi saya berkeyakinan kesejahteraan bangsa ini di mulai dengan kesejahteraan petani karena merekalah yang paling mendominasi negeri ini, jadi kalau petani sejahtera maka sektor lainpun ikut sejahtera".

Sikap Politik

Perppu No.1 Tahun 2016 (Perppu Kebiri)

25 Juli 2016 - Agus meminta Pemerintah dapat meyakinkan DPR-RI bahwa hukuman kebiri dapat dilaksanakan di lapangan dan segera menentukan eksekutor hukuman kebiri.  [sumber]

Tanggapan

Anggaran Kementerian Sosial

20 Juni 2016 - Agus meminta dari Direktur Jenderal Perlindungan dan Jaminan Sosial (Dirjen Linjamsos) penjelasan tentang indikator untuk PKH . Agus juga meminta penjelasan mengapa penganggaran yang dilakukan tidak proporsional dan tidak mengacu pada fakta di lapangan. Lalu, Agus meminta penjelasan Direktur Jenderal Penanganan Fakir Miskin (Dirjen PFM) terkait pemotongan anggarannya.  [sumber]

5 Februari 2015 - Susanto menyarankan agar pesawat terbang yang di charter oleh pemerintah untuk mengangkut rombongan haji pada trayek pulangnya digunakan untuk mengangkut Tenaga Kerja Indonesia (TKI) yang sakit di Saudi Arabia untuk pulang.  [sumber]

Evaluasi Sistem Manajemen Resiko Penanggulangan Bencana

Pada 15 April 2015 - Agus menilai penyaluran bantuan lebih esensi dibenahi total karena selama ini hasilnya disatu sisi menumpuk dan di sisi lain tidak kebagian.  [sumber]

Informasi Pribadi

Tempat Lahir
Ujung Gading
Tanggal Lahir
10/08/1971
Alamat Rumah
Jl. Bali, Desa Ujung Gading, Lembah Melintang, Kab. Pasaman Barat, Sumatera Barat
No Telp

Informasi Jabatan

Partai
PDI Perjuangan
Dapil
Sumatera Barat II
Komisi
VIII - Agama, Sosial, Pemberdayaan Perempuan