Skip to main content
WikiDPR.orgMendekatkan Rakyat dengan Wakilnya

Olly Dondokambey

PDIP - Sulawesi Utara

Alat Kelengkapan Dewan: Badan Anggaran

TABLE OF CONTENT

    Latar Belakang

    Olly Dondokambey adalah politisi senior dan petinggi dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP). Olly berhasil terpilih kembali ketiga kalinya menjadi Anggota DPR-RI periode 2014-2019 dari Dapil Sulawesi Utara setelah memperoleh 237.620 suara. Olly telah menjabat menjadi Ketua Komisi XI DPR-RI periode 2004-2009 dan 2009-2014 yang membidangi urusan perbankan, keuangan dan perencanaan pembangunan. Pada periode 2009-2014, Olly sempat menjabat sebagai Wakil Ketua Badan Anggaran (Banggar) DPR-RI.

    Olly pernah diperiksa KPK sebagai saksi seputar kasus pembahasan alokasi Dana Penyesuaian Infrasktruktur Daerah (DPID) karena diduga mengetahui suap tersangka Fahd El-Fouz alias Fahd A Rafiq terhadap bekas anggota Banggar, Wa Ode Nurhayati. Olly juga pernah diperiksa KPK karena diduga terlibat dalam kasus korupsi pengadaan Sport Center Hambalang, Bogor, Jawa Barat. (sumber)

    Olly mengundurkan diri sebagai Anggota DPR-RI karena mencalonkan diri sebagai Gubernur Sulawesi Utara pada Pilkada Serentak 2015. Olly terpilih menjadi Gubernur Sulawesi Utara (2015-2020).  Olly digantikan oleh Djenri Alting Keintjem.

    Pendidikan

    D3, Akademi Akuntansi Manado, Manado (1987)

    S1, Manajemen, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Tri Dharma Widya, Jakarta (1996)

    Perjalanan Politik

    Olly Dondokambey adalah tokoh politik populer di Minahasa dan namanya sering disebut sebagai calon kuat Gubernur Sulawesi Utara mendatang. Olly adalah kader dan petinggi senior di PDIP. Beliau adalah Ketua Dewan Pimpinan Daerah PDIP Sulawesi Utara dan juga menjabat sebagai Bendahara Umum Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PDIP.

    Olly juga adalah Ketua dari Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Sulawesi Utara

    Visi & Misi

    belum ada

    Program Kerja

    belum ada




    Silahkan login terlebih dahulu untuk memberikan komentar.