Follow us:   
Kontak kami:    kontak@wikidpr.org
Follow us:   
Kontak kami:    kontak@wikidpr.org
Gerindra - Jawa Timur V
Komisi VII - Energi, Riset dan Teknologi
        


Informasi Pribadi

Tempat Lahir
Jakarta
Tanggal Lahir
14/11/1982
Alamat Rumah
Perum Anapolis Bawah Kav.1162. RT.004/RW.006. Kelurahan Leuwinutug, Citeureup, Kab. Bogor, Jawa Barat
No Telp
0215755855

Informasi Jabatan

Partai
Gerindra
Dapil
Jawa Timur V
Komisi
VII - Energi, Riset dan Teknologi

Sikap Terhadap RUU

Tanggapan

Cabang Olahraga Prestasi untuk Multi Event Internasional Tahun 2016, 2017, dan 2018, serta Keberlangsungan Pembinaan Atlet — Komisi 10 DPR-RI Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Deputi Bidang Peningkatan Olahraga Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) RI, Komite Olimpiade Indonesia (KOI), Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI), Satlak Prima, dan Klub Berkuda Equinara

Moreno mengatakan harus adanya pembinaan dan sarana prasarana. Mapping juga perlu dilakukan untuk melihat cabang olahraga yang dapat dikembangkan. Selain itu, catatan penting bahwa Corporate Social Responsibility (CSR) juga dapat dioptimalkan untuk pendanaan olahraga. Lebih baik jika anggaran digunakan untuk meng-upgrade pembina atau pelatih. Ia juga menyampaikan harapannya agar Gelora Bung Karno (GBK) dapat dikelola oleh Kemenpora RI. 


Wisata Selam di Indonesia - RDPU Komisi 10 dengan Perkumpulan Usaha Wisata Selam Indonesia (PUWSI)

Moreno setuju bila Kemenpar harus menggaet PUWSI dalam peningkatan SDM penyelam. Moreno menegaskan standar keselamatan sangat penting dan setiap daerah standarnya berbeda.


Persiapan Asian Games XVIII 2018 — Panja Asian Games 2018 Komisi 10 DPR RI Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Sesmenpora, Deputi IV Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga Kemenpora dan Rapat Dengar Pendapat Umum (RDPU) dengan Komite Eksekutif Olimpiade Indonesia (KOI) dan Ketua Pelaksana INASGOC

Moreno mengatakan alangkah bagusnya jika KOI dan INASGOC dipisah kepengurusannya agar tidak sampai tumpang tindih.


Penyusunan Program Kerja — Panitia Kerja Asian Games 2018 Komisi 10 DPR-RI Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Ketua Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) dan Kepala Lembaga Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LPKPP)

Moreno menanyakan Standard Operating Procedure (SOP) terkait tata cara sampai ke pemeriksaan jasa asuransi. Ia juga menanyakan terkait kelancaran komunikasi antara Komisi 10 DPR-RI dengan pihak pengelola. Moreno mengimbau agar BPKP dan LKPP dapat memberikan masukan terhadap penyelenggaraan Asian Games 2018.


Realisasi Wisatawan Mancanegara dan Wisatawan Nusantara 2015, dll — Komisi 10 DPR-RI Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Kementerian Pariwisata (Kemenpar)

Moreno mengatakan laporan wisman meningkat dan wisnus juga. Ia ingin memberikan masukan mengenai program wisatawan perbatasan yang belum maksimal. Ia mengatakan harus dicari strategisnya supaya dampaknya bisa dinikmati warga lokal. Untuk event musik di Batam dan wisata pesisir di mana lokal diikutkan, harus lebih menyasar ke wisman. Untuk marathon dan sport itu baik tetapi ia menanyakan strategis lebih merujuk ke wisman. Media lokal sudah gencar dan bagus tetapi kalau bisa sebelum acara sudah dikasih tahu. Ia mengatakan suksesnya event bukan hanya dari total peserta, tetapi siapa peserta itu. Ia mengatakan itu penting karena bisa masuk ke nat geo dan harus bisa mendunia seperti event cap gomeh di Pontianak. Ia meminta inovasi untuk menggaet wisman. Ia mengatakan setiap kegiatan bisa dijual sepanjang tahun. Ia menyampaikan masih belum bisa memahami BPPI yang misinya untuk meningkatkan ekuitas bisnis pariwisata. Ini bagus sekali tetapi ia melihat belum clear. Ia membahas mengenai tahapan mapping kekayaan kebudayaan. Kalau candi nilai sejarahnya tinggi, mereka datang 2 kali maksimal lalu mereka mencari lagi yang lain. Ia mengatakan banyak potensi Indonesia namun belum dikemas dengan menarik.


Panja Asian Games 2018 - RDP Komisi 10 dengan Satlak Prima dan KONI

Moreno mengusulkan untuk diadakan pendalaman lebih lanjut, jadi dibuatkan pertemuan lebih lanjut.


Evaluasi Kinerja Komite Olimpiade Indonesia - RDPU Komisi 10 dengan Ketua Komite Olimpiade Indonesia (KOI)

Moreno merasa olahraga dan pariwisata sekarang semakin dekat dengan masyarakat. Hongkong dan Singapura mengambil Rugby justru karena banyaknya turis. Moreno menanyakan mungkinkah KOI bisa memilih plat merah atau Garuda Indonesia.


Pengembangan Museum — Komisi 10 DPR RI Rapat Dengar Pendapat Umum (RDPU) dengan Asosiasi Museum Indonesia

Moreno mengatakan museum seharusnya menjadi tempat pendidikan, jadi generasi muda kalau weekend
tidak ke mall. Moreno mendorong agar pemerintah melakukan kerja konkret untuk museum, bahkan museum menjadi destinasi wisata.


Penyampaian Hasil Rapat Coordination Committee (CorCom) ke-IV di Bali terkait Persiapan Pelaksanaan Asian Games XVIII dan Penyampaian Perkembangan Pembangunan Infrastruktur Asian Games 2018 — Komisi 10 DPR-RI Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Deputi IV Kemenpora RI, Ketua INASGOC, Ketua Satlak Prima, dan Ketua Satgas Pembangunan dan Renovasi Infrastruktur Asian Games Kementerian PUPR RI

Moreno meminta kepada Satlak Prima dan INASGOC untuk mengirimkan persiapan anggaran secara rinci. Ia berpendapat bahwa pemotongan anggaran itu tidak diperlukan. 


Proses Seleksi Calon Anggota Komite BPH Migas - RDP Komisi 7 dengan Sekjen Kementerian ESDM

Terkait rangkaian proses seleksi Anggota BPH Migas untuk periode yang selanjutnya, Moreno berharap semoga berjalan dengan lancar sesuai dengan peraturan dan perundang-undangan yang berlaku, Komisi 7 DPR-RI di sini hanya menunggu waktu untuk melakukan FPT.


Kepemilikan Saham PT Freeport Indonesia - RDP Komisi 7 dengan Dirjen Minerba Kementerian ESDM, Dirut MIND-ID dan Pemerintah Provinsi Papua

Moreno menyampaikan bahwa kita pasti mencari solusi yang terbaik. Sudah beberapa tahun berjalan dibahas tentang smelter. Yang seyogyanya untuk mencari keuntungan untuk negara kita dan mensejahterakan rakyat. Moreno berpendapat dari pemerintah daerah ada baiknya merangkul untuk hak ulayat. Bicara smelter itu bukan soal keuntungan lagi, tetapi juga solusi dan tanah turunannya. Ada haknya masyarakat Papua luas yang diwakili oleh BUMD. Terkadang goals-nya apa, tetapi jadi bias karena tidak bisa diakomodir.


Pendalaman Rencana Kerja dan Anggaran (RKA) Kementerian Pariwisata Tahun 2017 — Komisi 10 DPR RI Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian Pariwisata

Moreno S. menanyakan soal Tour the Singkarak, masuk di lini mana. apa standardisasinya dan bagaimana evaluasinya. Kemudian, ia mengatakan dengan anggaran yang dipangkas saat ini, tapi Kemenpar tetap harus semangat. Khususnya pada tahun 2017 nanti. Terakhir, Moreno S. menanyakan total pengembangan aspek pasar tradisional, sudah bagaimana sejauh ini progresnya.


Lanjutan Pembahasan RKA 2017 — Komisi 10 DPR-RI Rapat Kerja dengan Kementerian Pariwisata

Moreno bertanya terkait 10 destinasi, apakah pemerintah sudah mempersiapkan infrastrukturnya. Jangan lihat angkanya saja tetapi juga harus memikirkan bagaimana caranya mendatangkan turis.


Pembahasan Rencana Kerja dan Anggaran Tahun Anggaran 2017 dan Pembahasan Usulan Program yang akan Didanai oleh Dana Alokasi Khusus (DAK) — Komisi 10 DPR-RI Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Kepala Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf)

Moreno mengatakan bahwa anggaran Bekraf masih jauh dari harapan. Ia menanyakan pihak yang akan mendapatkan akses permodalan. Ia berpendapat bahwa Bekraf harus lebih sering memberikan pendampingan bagi masyarakat.


Pembahasan Rencana Kerja dan Anggaran Tahun Anggaran 2017 dan Pembahasan Usulan Program yang akan Didanai oleh Dana Alokasi Khusus (DAK) — Komisi 10 DPR-RI Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Kepala Perpustakaan Nasional (Perpusnas) RI

Moreno sangat mendukung kegiatan Perpusnas, sehingga ketika mengetahui anggarannya sangat kecil, ia jadi kepikiran. Moreno meminta Perpusnas dapat sejalan dengan Kemendikbud agar tidak jalan sendiri-sendiri. Moreno berharap agar buku-buku yang berkualitas bagus dapat terus tersalurkan ke daerah-daerah.


Strategi SKK Migas dalam Menahan Penurunan Alamiah Produksi Migas di Blok Cepu, Mahakam dan Blok lainnya - RDP Komisi 7 dengan SKK Migas

Moreno menanyakan target 1 juta barel/hari ini datanya dari mana dan Moreno tidak mau SKK Migas ini akselerasinya sudah kemana-mana tetapi di belakangnya tidak mengikuti.


Fit and Proper Test Calon Hakim Ad Hoc Hubungan Industrial — Komisi 3 DPR-RI Rapat Dengar Pendapat Umum dengan Calon Hakim Ad Hoc Hubungan Industrial Atas Nama Juanda Pangaribuan

Moreno Soeprapto mengatakan bahwa Bagaimana saudara menangani dissenting opinion di pengadilan.


Evaluasi Pelaksanaan Strategi dalam Mengurangi Kelebihan Kapasitas di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas), Pengawasan terhadap Penggunaan Izin Tinggal oleh Orang Asing, Realisasi dan Evaluasi terhadap Penggunaan Anggaran di Tahun 2016, dan Penjelasan tentang Pengajuan Kewarganegaraan Indonesia atas nama Sdr. Leung Sze Mau Als. Jackson Leung — Komisi 3 DPR-RI Rapat Kerja (Raker) dengan Menteri Hukum dan HAM RI

Moreno menilai bahwa kebijakan bebas visa belum berhasil dan lebih baik dikembalikan seperti semula, karena salah sasaran, bukan wisatawan asing yang datang, tetapi kamuflase dari wisatawan asing yaitu tenaga kerja asing yang menggunakan visa turis agar dapat tinggal dan bekerja di Indonesia. Moreno juga menilai bahwa seharusnya wisatawan asing dapat menambah pemasukan uang, bukan justru membahayakan NKRI. Moreno meminta adanya evaluasi ulang terkait kebijakan bebas visa demi keselamatan bangsa dan negara.


Rencana Tindak Lanjut UU Cipta Kerja Sektor ESDM, Kebijakan Pemanfaatan Batubara, dan Progres dan Proyeksi Pembangunan Smelter di Indonesia untuk Realisasi Hilirisasi Mineral – Komisi 7 DPR-RI Rapat Kerja (Raker) dengan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral RI

Moreno mempertanyakan kapan peliharan batubara menjadi DME bisa berjalan, dan bagaimana faktor keamanannya apa yang menjadi nilai plus minusnya. Mengingat batubara kita banyak dan batubara kalori rendah juga bisa terserap maka DME adalah solusi. Moreno mempertanyakan apakah UU Migas perlu diperkuaat. Mitigasi dan perencanaan listrik ini harus diperkuat dengan teknologi, dan jangan sampai listrik kita ini mati terus.


Pembahasan dan Penetapan Asumsi Dasar Makro sektor Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) RAPBN ta. 2021 — Komisi 7 DPR RI Rapat Kerja dengan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral RI

Moreno menanyakan kondisi produksi kilang. Selanjutnya, ia menyatakan cost recovery 2021 masih akal. Moreno meminta Menteri ESDM dapat mengatasi kelangkaan gas LPG 3 kg.


Progres dan Proyeksi Rencana Pembangunan Proyek Abadi Blok Masel dan Proses Rencana Pengganti Shell yang Keluar dari Blok Masela - RDP Komisi 7 dengan Kepala SKK Migas dan Presdir Inpex Corporation Indonesia

Moreno menanyakan berapa target produksi proyek abadi dan target pemenuhan kebutuhan migas domestik. Jangan sampai Indonesia menjadi lahan para broker menari-nari. Jangan sampai masyarakat Indonesia dirugikan rencana ekspor dari Blok Marsela dan kebutuhan dalam negeri, Moreno menanyakan masing-masing berapa persen, kapan proyek ini dimulai dan mengapa Shell keluar dari Blok Marsela.


Restrukturisasi Organisasi Baru, Rencana IPO (Initial Public Offering) dan Sub-Holding — Komisi 7 DPR-RI Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Direktur Utama PT Pertamina (Persero)

Moreno mengatakan posisi Pertamina di sektor retail dan pelumas seperti apa dibanding dengan pesaing lainnya, apakah Pertamina sudah menjadi leader dalam bisnis tersebut.


Asumsi Dasar Sektor Energi dan Sumber Daya Mineral dalam RAPBN 2021 — Komisi 7 DPR RI Rapat Kerja dengan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral RI

Moreno meminta adanya penambahan subsidi LPG 3 kg karena banyak masyarakat belum menerimanya. Soal lifting, menurut Moreno, tidak perlu menerapkan target karena setiap tahun tak tercapai. Selanjutnya, ia menanyakan neraca PLN.


Pagu Indikatif 2020 — Komisi 7 DPR-RI Rapat Kerja (Raker) dengan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan

Moreno sangat setuju jika diadakan sosialisasi atau peningkatan awareness. Menurut Moreno, plastik akan menjadi kendala oleh destinasi wisata yang mulai tercemar oleh plastik.


Pagu Indikatif 2020 - Komisi 7 DPR RI Rapat Kerja (Raker) dengan Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi

Moreno Soeprapto menyatakan bahwa ia secara pribadi bukan sekadar mendukung saja karena kita bicara mendukung masa depan bangsa. Ini yang kita butuhkan untuk masa depan bangsa Indonesia.


Program Prioritas dan Anggaran 2020 - Komisi 7 DPR RI Rapat Kerja dengan Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi

Terkait program startup, Moreno mengatakan bahwa program ini palsu karena tidak ada perkembangannya. Terkait target 45 teknologi research, Moreno juga mengatakan bahwa Indonesia jangan hanya jadi negara konsumtif, bagaimana masyarakat bisa mensuplai dari bahan-bahan itu. Jangan sampai pemerintah habiskan anggaran untuk perkembangan, tetapi dinikmati oleh swasta luar negeri.


Penggunaan Dana Cost Recovery Tahun 2015-2018 - RDP Komisi 7 DPR RI dengan Plt Dirjen Migas, Kepala Satuan Kerja Khusus (SKK) Migas dan Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) Kementerian ESDM

Moreno mengatakan saat kita kunjungan menerima sebuah surat. Ia merasa yang perlu disampaikan, pertemuan dengan adat Melayu.Presiden pernah bertemu dengan mereka. Bahwa sesuai dengan UUD Pasal 33 Ayat 3, masalah kesejahteraan ini. Mungkn nanti bisa ia serahkan juga. Selanjutnya, untuk SKK Migas ia meminta kalau untuk bisnis silahkan saja, tapi untuk pemasukan kepada Negara juga harus bisa diperhatikan lagi, dan masing-masing daerah juga jangan dibeda-bedakan. Terakhir, Moreno menanyakan soal kita menggunakan konsultan apa sudah kita yang mengelola untuk tahun 2021 itu, kepastiannya seperti apa.


Proses Pelaksanaan Program hingga Triwulan ke-III Tahun 2019, Rencana Program Kerja Tahun 2020, Persiapan Energi untuk Ibukota Baru, dan Tindak Lanjut Pembahasan RUU tentang Minerba — Komisi 7 DPR-RI Rapat Kerja (Raker) dengan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral

Moreno mengusulkan agar kelebihan anggaran di Kementerian ESDM bisa diberikan kepada lembaga lain. Lalu, Moreno menanyakan penyebab penurunan lifting migas dari tahun per tahun, padahal konsumsi negara meningkat. Ia meminta agar sumur bor dari zaman kolonial sampai yang baru untuk dapat dikembangkan. Moreno merasa iri pada Petronas yang ekspansinya besar, padahal Pertamina harusnya bisa lebih baik dari Petronas. Terkait Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Teluk Balikpapan, menurut Moreno itu merupakan pembangkit paling dekat dengan Ibu Kota Baru (IKN) yang bisa dijadikan warisan dan perlu ditingkatkan. Terakhir, Moreno mengusulkan kepada Pimpinan Komisi 7 DR-RI agar dibuatkan Panja RUU Minerba dan meminta subsidi listrik di hold dahulu jangan dicabut karena sedang diminta validasi dari PLN tentang data Rumah Tangga Miskin (RTM) dan non-RTM.


Program Skema Pembiayaan dan Perkembangan Komersialisasi N219, Program Pesawat Udara Nir Awak dengan Kategori Medium Atlit - Komisi 7 DPR RI Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Sekjen Kemenhan, Kepala BPPT, Kepala Lapan, Dirut PT Dirgantara Indonesia dan Dirut PT LEN Industri

Moreno menceritakan bahwa dulu ia adalah seorang pembalap, jadi ia sangat mengerti soal teknologi-teknologi ini. Moreno mengusulkan harus ada kunjungan untuk melihat teknologi ini, bicara teknologi tidak bisa hanya rapat.


Evaluasi Kinerja Blok 2 Terminasi Tahun 2019 (Blok Mahakam dan Blok Sangga 2), Kesiapan PT. Pertamina dalam Implementasi B30, Perkembangan Ahli Kelola Blok Rokan - Komisi 7 DPR-RI Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Dirut PT. Pertamina (Persero)

Moreno mempertanyakan apakah adanya kendala dari penggalihan Blok Rokan dari pihak Chevron ke Pertamina. Bagaimana Pertamina tetap menjadi produksi di Blok Rokan untuk tetap baik, apakah Pertamina serius untuk mensupport atlet kita yang khususunya di motor sport . Moreno mengatakan bahwa Pertamina harus eksis dalam dunia otomotif.


Capaian Program Kerja Tahun 2019 - Komisi 7 DPR-RI Rapat Kerja (Raker) dengan Menteri Riset dan Teknologi/ Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), RDP dengan Kepala Lembaga Pemerintah Non-Kementerian (LPNK)

Moreno mempertanyakan keberadaan platform 200 lebih yang telah disampaikan, batasan dukungan minimal dan maksimal yang diberikan kepada startup. Terkait alat laboratorium sebagai aset TKD yang di impor, Moreno mempertanyakan cukainya dan bagaimana koordinasi dengan Menteri Keuangan.  


Latar Belakang

Moreno Soeprapto terpilih sebagai anggota DPR RI Periode 2019-2024 setelah memperoleh 59.296 suara
melalui Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra). Pada masa kerjanya di periode 2019-2024, Moreno bertugas di Komisi 7 yang meliputi Energi, Riset dan Teknologi.

Pendidikan

S1, Hubungan Internasional, Universitas Paramadina, Jakarta (2001)

Perjalanan Politik

Moreno adalah atlet nasional balap mobil dan meraih segudang prestasi di ajang balap nasional dan international. Sebelum bergabung di Gerindra di 2013, Moreno aktif di organisasi Pemuda Pancasila sebagai Wakil Ketua Pengurus Pusat Satuan Pelajar Mahasiswa (SAPMA) dan anggota Duta Taruna Siaga Bencana (TAGANA). Beberapa posisi bisnis yang dipegang antara lain Direktur Utama PT Momax Energi, Direktur PT SSU Sirkuit, Direktur Utama PT AMM, dan Direktur PT HSS. Pada 2014-2019 Moreno bertugas di Komisi X yang membidangi pendidikan, kebudayaan, pariwisata, ekonomi kreatif, pemuda, olahraga, dan perpustakaan. Sejak Desember 2016, Moreno dipindahtugaskan ke Komisi III yang menangani bidang hukum, HAM, dan keamanan sebagai Bantuan Kendali Operasi (BKO).

Visi & Misi

belum ada

Program Kerja

belum ada

Sikap Politik

belum ada

Tanggapan

RKA/K-L 2017 Lanjutan Pembahasan – Kemendikbud RI

24 Oktober 2016 - Pada Rapat Kerja lanjutan Komisi 10 dengan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, Moreno menyampaikan aspirasi dari Kepala sekolah maupun Wali murid terkait dengan evaluasi program 2016, bahwa insentif guru tidak merata di satu sekolah. Menurut Moreno, guru tidak tetap harus diperhatikan karena beban kerjannya sama dengan guru PNS namun pendapatannya jauh lebih rendah dibanding PNS. Moreno mengatakan bahwa serapan anggaran 2017 harus bisa dirasakan oleh siswa dan guru, sehingga tidak terjadi kebocororan. [sumber]

RKA-K/L 2017 - Kementerian Pariwisata

1 September 2016 - Komisi 10 Rapat kerja (Raker) dengan Kementerian Pariwisata (Kemenpar), Moreno menanyakan masalah terbesar ketika bandara terminal tiga sudah tersedia. Moreno menanyakan ada atau tidaknya kerjasama di seluruh bandara untuk program Pesona Indonesia dan menayakan peningkatan wisatawan mancanegara terkait sudah adanya terminal tiga. Moreno menanyakan pula terkait target sasaran Menpar untuk mendatangkan turis luar datang ke indonesia. Ia memberikan usul agar ditelaah di studi mengenai sport and tourism. [sumber]

Anggaran Kementerian Pemuda dan Olahraga

8 Juni 2016 - Meski ada pemotongan anggaran, Moreno meminta seluruh unit Kementerian Pemuda & Olahraga (Kemenpora) tetap bekerja maksimal agar PON, Sea Games, dan Asian Games tidak terganggu. [sumber]

Anggaran Perpustakaan Nasional (Perpusnas)

7 Juni 2016 - Moreno justru melihat dampak kegiatan ini bagus sekali, kegiatan gemar membaca bersama Perpustakaan Nasional RI (Perpusnas) memberikan dampak baik di Dapilnya. Moreno mengatakan, kita harus paham bahwa negara berkembang didasari dengan memulai indeks masyarakat gemar membaca. Melihat letak geografis nusantara, ia mengatakan bahwa memang membutuhkan usaha lebih dalam menjangkau daerah-daerah yang tidak dapat terjangkau. Moreno sangat mendukung kegiatan gemar membaca ini. Ia mengatakan program membaca ini harus sampai ke desa-desa dan pulau terluar agar masyarakat dapat merasakan haknya, jangan hanya memikirkan kota-kota pusat. Moreno mengajak anggota rapat agar memikirkan bersama kota-kota terpencil lainnya. Moreno mewakili Komisi 10 sangat mendukung adanya program mobil perpustakaan keliling. [sumber]

Rencana Kerja PSSI Pasca Dicabutnya Pembekuan Sanksi oleh Pemerintah

19 Mei 2016 - Terkait sudah bergulirnya Kompetisi Indonesia Soccer Championship (ISC), Moreno mempertanyakan apakah ISC akan diganti atau tidak. Moreno menegaskan, jangan sampai ada liga sepak bola yang rangkap. Menurut Moreno, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) harus berfungsi sebagai Bapaknya olahraga, bukan justru memporak-porandakan olahraga. Selanjutnya, Moreno berpesan kepada PSSI untuk segera melaksanakan 5 catatan yang telah diberikan FIFA. Moreno juga berharap PSSI bisa menjaga keutuhan dunia olahraga. [sumber]

Wacana Regulasi terkait Pariwisata Selam Indonesia

26 Juli 2016 - Moreno setuju bahwa standar keselamatan sangat penting dalam wisata selam. Namun, tiap daerah memang memiliki standar yang berbeda, untuk itu ia menyarankan agar tidak hanya melibatkan pemerintah pusat, tetapi juga pemerintah daerah. Moreno juga menyarankan untuk menggunakan tenaga ahli asing untuk semakin menarik wisatawan selam untuk beraktivitas di Indonesia. Moreno kemudian menanyakan kualitas serta kuantitas tenaga ahli selam yang kini tersedia di Indonesia dan juga berapa besar keuntungan yang telah diperoleh oleh pariwisata selam di Indonesia. [sumber]

Evaluasi Persiapan Asian Games tahun 2018

25 April 2016 - Moreno mengharapkan sosialisasi mulai sekarang digencarkan terutama mengenai logo dari Asian Games. Ia mengatakan harusnya sudah ditentukan mana yang akan menjadi venue utama, Jakarta atau Palembang? Moreno mengapresiasi jika venue bisa multifungsi. Terkait sinergi dengan Satuan Pelaksana Program Indonesia Emas (Satlak Prima), Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI), dan Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) supaya berkoordinasi dengan baik dan tidak berjalan sendiri. Ia melanjutkan, Atletik itu cabang olahraga yang paling banyak kemungkinannya untuk mendapatkan medali emas dan itu harus ditentukan venue pertandingannya. Terakhir, pacuan kuda yang kita siapkan hanya seluas 34 hektar sedangkan pacuan kuda yang lain bisa sekitar 150 hektar. [sumber]

Evaluasi Kinerja Kementerian Pariwisata

3 Februari 2016 - Moreno telah lama mengamati bidang pengembangan pariwisata. Merujuk pernyataan Menteri Pariwisata (Menpar) yang mengatakan bahwa seluruh masyarakat Indonesia adalah humas pariwisata negeri ini, Moreno menanyakan Menpar apakah karyawan hotel atau travel agent juga dapat dikategorikan sebagai humas. Moreno menyarankan agar Kementerian Pariwisata (Kemenpar) bekerja sama dengan universitas yang memiliki jurusan pariwisata dalam program pelatihan dasar SDM di 34 provinsi. Terkait sport tourism, Moreno juga menanyakan apa rencana Kemenpar agar hal itu dapat berjalan. Moreno berharap Menpar meningkatkan koordinasi dengan BIN dalam menyelenggarakan sport tourism. [sumber]

Rencana Kerja dan Anggaran Kementerian Pemuda dan Olahraga - RAPBN 2016

15 Desember 2015 - Moreno meminta Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) memberikan perhatian khusus pada cabang olahraga profesional. Moreno mempertanyakan sejauh mana perkembangan Rio Haryanto masuk ke Formula One (F1), terutama terkait jaminan uang atau sponsor. Selain itu, Moreno juga menanyakan persiapan Indonesia untuk Moto GP. [sumber]

Pembekuan PSSI oleh Menteri Pemuda dan Olahraga

26 Mei 2015 - Moreno menyatakan bahwa PSSI punya statuta FIFA dan kemungkinan Menpora mendapat masukan yang salah. Moreno berharap agar isu suap itu hanya oknum, bukan lembaga dan harus melihat kepentingan bangsa. Moreno memberi masukan mengenai perlunya mengkaji ulang BOPI. Moreno menyatakan biarlah semua berperan sesuai dengan perannya masing-masing, yang bermain bola ya bermain bola. [sumber]

25 Mei 2015 - Moreno mendesak Pemerintah untuk mengkaji ulang badan independen BOPI karena menurut Moreno merugikan teman-temannya, khususnya para atlet. (sumber)

Persiapan SEA GAMES ke-28 di Singapura

25 Mei 2015 - Menurut Moreno, kalau KONI dan KOI memilih cabang olahraganya tepat, maka kita bisa prediksi perolehan medali kita berapa nanti pada SEA GAMES ke-28. Menurut Moreno KONI dan KOI seharusnya sinergi karena ujungnya KOI mendapatkan atlet yang berprestasi. Moreno menyoroti pengurus-pengurus KONI di daerah yang bermasalah dalam melaksanakan Kejuaraan Nasional (Kejurnas). (sumber)

Potensi Indonesia Menjadi Tuan Rumah World Cup 2022

22 April 2015 - Moreno minta klarifikasi ke Ketua MSBI kepada siapa FIFA memberitahukan bahwa Indonesia ditunjuk menjadi tuan rumah, apakah ke Menteri Pemuda dan Olahraga atu ke Presiden. Menurut Moreno waktu Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) masih menjabat sebagai Presiden sudah membuka pintu kemungkinan Indonesia menjadi tuan rumah Piala Dunia. Menurut Moreno bila Presiden SBY masih menjadi Presiden mungkin bisa terealisasi Indonesia menjadi tuan rumah Piala Dunia 2022. [sumber]

Aspirasi Himpunan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Anak Usia Dini Indonesia (Himpaudi)

Pada 22 April 2015 - Moreno menyampaikan pentingnya Himpaudi untuk fokus pada pengembangan di luar pulau Jawa, misalnya PAUD di Papua yang masih sangat sedikit sekali. Moreno menilai aspirasi ini harus disampaikan ke Kemendikbud. [sumber]

Persiapan TAFISA World Sport For All Games di Oktober 2016

Pada 22 April 2015 - Moreno menilai bahwa FORMI seharusnya lebih spesifik dalam membawahi cabang olahraga, misalnya olahraga budaya dan olahraga tradisional, seperti olahraga sumpitan. Moreno juga mendukung agar FORMI untuk membawahi X-Games, meskipun olahraga tersebut bukan dari budaya Indonesia. Selain itu, Moreno mengingatkan agar jangan sampai ada olahraga yang dibawahi oleh FORMI tumpang tindih dengan organisasi lain, misalnya BMX yang juga dibawahi oleh KONI, karena olahraga ini menjadi cabang olahraga di Asian Games. [sumber]

Pembekuan PSSI oleh Menteri Pemuda dan Olahraga

Pada 20 April 2015 - Moreno selaku atlit tidak ingin olahraga dipolitisasi. [sumber]

Rencana Strategis Kementerian Pemuda dan Olahraga 2015-2019

Pada 6 April 2015 - Moreno Soeprapto berharap Menpora bisa menjadi jembatan penghubung dua pihak yang bertikai dalam kepemilikan Arema. Pendiri Arema adalah putra Bapak Jacob Zaenal yang menjadi pengurus di Yayasan Arema. Menurut Moreno masih banyak pembalap muda berbakat yang bisa menembus ajang Balap Motor di Moto GP. Jumlah fans fanatik Moto GP yang banyak dan penjualan motor yang menembus satu juta unit per tahun membuat Dorna tertarik mengadakan balapan Moto GP di Indonesia dan ingin bertemu Menpora untuk membahas ini. [sumber]

Indonesian Super League 2015

Pada 26 Maret 2015 - Moreno fokus kepada dampak penundaan ISL 2015 terhadap atlet. Morena menekankan pentingnya pertandingan untuk atlet memacu prestasinya. Moreno saran kick-off ISL 2015 tetap dilaksanakan tanggal 4 April 2015. Moreno saran kepada BOPI untuk tidak menggugurkan klub-klub yang mempunyai administratif yang tidak bagus namun poin mereka dikurangi di akhir masa liga. [sumber]

Kinerja PSSI

Pada 15 Januari 2015 - Moreno Soeprapto setuju membatasi pemain asing di Indonesia. Moreno menanyakan strategi dari PSSI meningkatkan profesionalisme dari pemain muda agar suatu saat mereka kuat untuk bermain di klub sepak bola di Eropa. [sumber]

Informasi Pribadi

Tempat Lahir
Jakarta
Tanggal Lahir
14/11/1982
Alamat Rumah
Perum Anapolis Bawah Kav.1162. RT.004/RW.006. Kelurahan Leuwinutug, Citeureup, Kab. Bogor, Jawa Barat
No Telp
0215755855

Informasi Jabatan

Partai
Gerindra
Dapil
Jawa Timur V
Komisi
VII - Energi, Riset dan Teknologi