Follow us:   
Kontak kami:    kontak@wikidpr.org
Follow us:   
Kontak kami:    kontak@wikidpr.org
Demokrat - Jawa Timur VII
Komisi X - Pendidikan, Kebudayaan, Pariwisata, Ekonomi Kreatif, Pemuda, Olahraga, Perpustakaan
        


Informasi Pribadi

Tempat Lahir
Bandung
Tanggal Lahir
24/11/1980
Alamat Rumah
Jalan Alternatif Cibubur, Komp. Puri Cikeas Indah No. 24, RT 001/RW 002, Desa Nagrak, Gunung Putri, Kab. Bogor, Jawa Barat
No Telp

Informasi Jabatan

Partai
Demokrat
Dapil
Jawa Timur VII
Komisi
X - Pendidikan, Kebudayaan, Pariwisata, Ekonomi Kreatif, Pemuda, Olahraga, Perpustakaan

Latar Belakang

Edhie Baskoro Yudhoyono (Ibas) lahir di Bandung 24 November 1980. Ibas berhasil menjadi anggota DPR RI 2009-2014 setelah memperoleh suara sebanyak 327.097 suara untuk daerah pemilihan Jawa Timur VII. Ibas kembali terpilih menjadi anggota DPR 2014-2019 dari dapil yang sama dengan perolehan 243.747 suara. Di 2014-2019 Ibas bertugas di Komisi X yang membidangi pendidikan, kebudayaan, ekonomi kreatif, pariwisata, pemuda dan olahraga.

Ibas adalah putra dari Presiden RI ke-6, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dan Kristiani Herrawati Yudhoyono. Ibas menikah dengan Siti Rubi Aliya Rajasa (putri dari Hatta Rajasa) pada tahun 2011. Pasangan ini dikaruniai 3 orang anak.

Pendidikan

S1, Bachelor of Commerce in Finance and E-Commerce, Curtin University, Perth, Australia (2005)

S2, Master of Science in International Political Economic, Rajaratnam School of International Studies, Nanyang Technological University, Singapura (2007)

Perjalanan Politik

Selepas Rapimnas Demokrat yang menjadikan Anas Urbaningrum sebagai Ketua Umum Partai Demokrat (2010, di Bandung), Anas menunjuk Ibas sebagai Sekretaris Jenderal. Ibas terpilih sebagai anggota DPR pada periode 2009-2014, ia menjadi bagian dari Komisi I DPR-RI. Pada 14 Februari 2013, Ibas mengundurkan diri sebagai anggota DPR dan memilih berfokus pada internal Partai Demokrat.

Pada pendaftaran daftar caleg (September 2013) yang secara resmi diserahkan ke KPU oleh Anas Urbaningrum, Anas kembali menyetujui nama Ibas sebagai anggota caleg Demokrat untuk pemilihan legislatif 2014. Ia terpilih sebagai anggota DPR periode 2014-2019, dan ia menjadi anggota dari Komisi X DPR-RI. Ibas juga diangkat sebagai Ketua Fraksi Partai Demokrat di DPR-RI. 

Ibas pernah menjabat sebagai Wakil Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Indonesia Bidang Pariwisata dan Olahraga dari tahun 2010 hingga tahun 2015.

Koordinator Wilayah (Korwil) DPP Partai Demokrat wilayah DKI Jakarta dan Jawa Timur.

Ketua Steering Committee Kongres II Partai Demokrat di Bandung Jawa Barat 2010.

Sekjend Partai Demokrat periode 2010-2015.

Visi & Misi

belum ada

Program Kerja

- Menjemput dan merespon aspirasi masyarakat di tingkat bawah melalui kantor di 5 kabupaten dapil yang diberi nama Griya Aspirasi EBY (Pacitan, Ponorogo, Trenggalek, Magetan, Ngawi)
- Mobil Aspirasi EBY, Ambulance Gratis, Majalah "Sinergis" untuk sarana komunikasi dengan konstituen
- Website www.griyaaspirasi-eby.com

Sikap Politik

belum ada

Tanggapan

Menyikapi Aksi Demonstrasi Dugaan Penistaan Agama oleh Gubernur DKI Jakarta (4 November 2016)

9 November 2016 - (SINDO NEWS) - Fraksi Partai Demokrat di DPR meminta jangan ada pihak yang mencederai demokrasi dengan komentar-komentar membingungkan rakyat. Misalnya, seolah-olah ada yang mengatur aksi demonstrasi 4 November lalu. 

Ketua Fraksi Partai Demokrat, Edhie Baskoro Yudhoyono (Ibas) mengatakan, pasca reformasi penyampaian pendapat di Indonesia lebih baik, demokratis, dan semakin dewasa. 

Ibas berharap tidak ada pihak yang mencederai kebebasan berekspresi rakyat Indonesia dengan komentar-komentar membingungkan rakyat, seolah-olah ada yang mengatur demonstrasi 4 November. 

"Demokrasi saat ini sudah lebih baik, seharusnya pemerintah atau pihak-pihak lain mendukung dan menyambut baik masyarakat untuk berekspresi sepanjang tidak anarkis, tidak rusuh dan tidak merusak," kata Ibas melalui keterangan tertulisnya, Rabu (9/11/2016). 

Ibas menjelaskan selama 10 tahun kepemimpinan SBY, tidak sedikit terjadi hal-hal yang berkaitan dengan protes dan unjuk rasa.

Dia menilai hal tersebut sangat lumrah sepanjang konstruktif dan dilakukan melalui cara yang baik sesuai aturan. Putra SBY itu menilai demokrasi yang baik adalah bermartabat, beretika dan bermoral. 

"Kami berpesan agar semua pihak menghormati golongan atau pihak tertentu. Dalam kasus Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) seharusnya tidak perlu terjadi, sepanjang semua pihak, termasuk para pemimpinnya menghormati empat pilar kebangsaan, yaitu UUD 1945, Pancasila, NKRI dan Bhineka Tunggal Ika," tuturnya.  [sumber]

Informasi Pribadi

Tempat Lahir
Bandung
Tanggal Lahir
24/11/1980
Alamat Rumah
Jalan Alternatif Cibubur, Komp. Puri Cikeas Indah No. 24, RT 001/RW 002, Desa Nagrak, Gunung Putri, Kab. Bogor, Jawa Barat
No Telp

Informasi Jabatan

Partai
Demokrat
Dapil
Jawa Timur VII
Komisi
X - Pendidikan, Kebudayaan, Pariwisata, Ekonomi Kreatif, Pemuda, Olahraga, Perpustakaan