Follow us:   
Kontak kami:    kontak@wikidpr.org
Follow us:   
Kontak kami:    kontak@wikidpr.org

(detik) Fadli Zon: Ada Permainan di Internal Kemenhub Dalam Izin Penerbangan

12/12/2018



Wakil Ketua DPR Fadli Zon meminta Kementerian Perhubungan tidak hanya menyalahkan maskapai terkait izin ilegal penerbangan AirAsia. Fadli menduga ada permainan juga di internal kementerian pimpinan Ignasius Jonan itu.

"It takes two to tango. Pasti ada dua pihak, karena sudah common practice. Kemenhub tidak bisa hanya salahkan maskapai. Kalau bisa terbang tidak mungkin tidak ada keterlibatan Kemenhub. Ada yang bermain," kata Fadli di Gedung DPR, Senayan, Jakarta Pusat, Senin (5/1/2015).

Fadli meminta agar saat ini Kemenhub fokus pada proses evakuasi korban. Penataan sistem perlu waktu yang cukup lama agar bisa mencakup seluruh aspek.

"Ini akan pengaruhi keluarga korban apalagi kalau sampai saling menyalahkan. Masalah evakuasi tuntas, baru penataan sistem penerbangan. Sekarang kelihatan grasa-grusu, tambal sulam," ucap Waketum Partai Gerindra ini.

Komisi V berencana membentuk Panja AirAsia terkait kecelakaan ini. Fadli mendorong agar Panja membahas yang lebih luas hingga masalah sistem.

"Perlu, tapi secara keseluruhan, lihat sistem pengaturan penerbangan, tata kelola, izin. Itu lebih bagus," pungkasnya.
Kementerian Perhubungan (Kemenhub) berjanji akan menindak tegas bila ada oknum internal yang bermain terkait izin ilegal penerbangan. Upaya audit secara keseluruhan siap dilakukan.

"Bahwa seandainya mencakup yang terlibat adalah internal di Kemenhub, maka akan mendapatkan sanksi," kata staf khusus Hadi M Djuraid saat jumpa pers di Kemenhub, Jl Medan Merdeka Barat, Senin (5/1/2015).

 

link profil wikidpr untuk Fadli Zon: http://wikidpr.org/anggota/5403631742b53eac2f8ef7e3