Follow us:   
Kontak kami:    kontak@wikidpr.org
Follow us:   
Kontak kami:    kontak@wikidpr.org
Berita Terkait

Kategori Berita

(DetikNews) Komisi II DPR: Calon Kepala Daerah di 61 Pilkada Miliki Hubungan Keluarga

12/12/2018



Jakarta - Wakil Ketua Komisi II DPR RI Ahmad Riza Patria menyebut sedikitnya ada 61 daerah di mana calon kepada daerahnya memiliki hubungan keluarga. Data tersebut berdasarkan laporan selama 10 tahun terakhir.

"Berdasarkan data di kami, ada 61 daerah yang (calon kepala daerahnya) ada hubungan keluarga. Tidak hanya di Banten. Ada di Jawa, Sulawesi, Sumatera, di mana-mana. Itu pun mungkin sebenarnya lebih banyak angkanya," kata Riza dalam diskusi 'Petahana Petaka Demokrasi' di Warung Daun, Cikini, Jakarta Pusat, Sabtu (11/7/2015).

"Dia (incumbent) mencari boneka. Incumbent sulit dilawan. Dia punya uang, dia bisa beli suara partai politik, yang ada hubungan keluarga (dengan incumbent) nunggu lah 5 tahun, kan tidak salah," lanjutnya.

Riza meminta aparat penegak hukum bekerja lebih cepat jika melihat adanya indikasi-indikasi korupsi terkait pilkada serentak yang akan digelar Desember 2015.

"Kami meminta kepada aparat penegak hukum, Polri, Jaksa, dan KPK untuk mengambil terobosan-terobosan terkait Pilkada serentak ini, untuk mengambil langkah cepat jika ada indikasi korupsi," jelas Riza.