Follow us:   
Kontak kami:    kontak@wikidpr.org
Follow us:   
Kontak kami:    kontak@wikidpr.org
Berita Terkait

Kategori Berita

(DetikNews) MA Ternyata Terbelah Saat Putuskan IKEA Jadi Milik Pengusaha Surabaya

12/12/2018



Sengketa Merek

Jakarta - Mahkamah Agung (MA) menyatakan perusahaan PT Ratania Khastulistiwa sebagai pemilik merek IKEA. Ternyata putusan MA ini tidak bulat.

PT Ratania merupakan perusahaan furniture yang memiliki akta pendirian tertanggal 7 Oktober 1988. Perusahaan ini membuat berbagai produk rumah tangga dan telah diekspor ke Spanyol, Jepang, Amerika Serikat dan Australia. Sebagai branding produknya, PT Ratania lalu membuat merek IKEA yang berarti Intan Khastulistiwa Esa Abadi (IKEA). Merek IKEA ala Surabaya ini didaftarkan di Kemenkum HAM pada 2010.

Melihat kesamaan nama, IKEA dari Surabaya itu lalu menggugat IKEA yang dari Swedia. Di mana IKEA dari Swedia merupakan akronim dari 4 kata yaitu Ingvar, Kamprad, Elmatayd dan Agunnaryd dan disingkat IKEA.

Atas tuntutan ini, Pengadilan Negeri Jakarta Pusat memilih memenangkan IKEA dari Surabaya. Pada 17 September 2014, PN Jakpus menyatakan IKEA dimiliki oleh PT Ratania dan memerintahkan merek IKEA dari Swedia harus dicabut. Atas vonis ini, IKEA dari Swedia mengajukan kasasi. Apa kata MA?

"Menolak permohonan kasasi Inter IKEA System BV," ucap majelis hakim yang diketuai hakim agung Syamsul Maarif sebagaimana dilansir website MA, Selasa (2/1/2016).

Putusan ini diadili pula oleh hakim anggota hakim agung Abdurrahman dan hakim agung I Gusti Agung Sumanatha. Ternyata dalam putusan ini, majelis terbelah. Hakim agung Sumanatha memilih dissenting opinion dan menyatakan gugatan IKEA versi Surabaya haruslah ditolak.

"Secara kasat mata IKEA milik tergugat cukup besar berada di Jalan Alam Sutera, Tangerang Banten sehingga demikian Pasal 61 ayat 2 huruf a UU Merek tidak dapat diterapkan," ujar hakim agung Sumanatha.

Namun pendapat Sumanatha kandas dalam musyawarah majelis. Alhasil, palu majelis memutuskan merek IKEA yang resmi dipegang PT Ratania.

Siapakan pemilik merek IKEA dari Swedia itu? Ingvar kini mendirikan IKEA sejak 1943 dan telah mengantongi registrasi merek di 75 negara lebih dengan 1.300 item sertifikat merek. Produknya tersebar di berbagai negara. Atas keberhasilannya membangun kerajaan bisnis, Ingvar masuk sebagai salah satu orang terkaya di dunia. Sejajar dengan Bill Gates, Warren Buffet dan Li Ka-Shing. Di Indonesia, IKEA telah membuka gerainya yang sangat luas di Alam Sutera, Tangerang, Banten.