Follow us:   
Kontak kami:    kontak@wikidpr.org
Follow us:   
Kontak kami:    kontak@wikidpr.org
Berita Terkait

Kategori Berita

(DetikNews) Serapan Rendah, Menteri Desa: Ada yang Menghambat Proses Penyerapan

12/12/2018



Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi disebut sebagai salah satu yang penyerapan anggarannya paling rendah. Menteri Desa Marwan Jafar mengatakan, ada hal-hal yang menghambat proses penyerapan anggaran tersebut.

"Secara adiministratif memang di Kemenkeu ada yang menghambat proses percepatan anggaran, itu harus segera direvisi," ujar Menteri Desa PDT Marwan Jafar saat ditemui wartawan usai Rapat Paripurna Kabinet di Kantor Presiden, Jakarta Pusat, Kamis (2/7/2015).

Marwan memberikan contoh seperti proses tender yang memakan waktu hingga 45 hari. Menurutnya proses itu bisa dipercepat lagi.

"Misal kita percepat 15 hari bisa sebetulnya. Tapi karena peraturan Menteri Keuangan 45 hari, nggak berani melanggar itu. Dari sisi percepatan itu alami kendala," katanya.

"Ini peraturan harus direvisi. Pak Presiden tekankan semua peraturan yang menghambat penyerapan anggaran harus direvisi, karena efeknya besar kan menyangkut pertumbuhan ekonomi kita," tambahnya.

Marwan belum bisa menyebutkan besaran serapan di kementerian yang dipimpinnya. Namun dia memperkirakan pada Agustus nanti serapan anggaran bisa dilakukan secara maksimal.

"Perlu sesuaikan nomenklatur baru. Agustus diperkirakan serapan sudah maksimal, karena banyak proyek infrastuktur yang harus kita selesaikan," katanya.