Follow us:   
Kontak kami:    kontak@wikidpr.org
Follow us:   
Kontak kami:    kontak@wikidpr.org
Berita Terkait

Kategori Berita

(DetikNews) Soal Kartu Indonesia Pintar, Menteri Anies Prioritaskan Buat Akun Virtual

12/12/2018



Jakarta - Sejumlah 17,9 juta anak usia sekolah ditargetkan dapat menerima Kartu Indonesia Pintar (KIP) pada tahun 2015. Hingga Agustus mendatang ditargetkan telah terdistribusi sebanyak 60,7 persen.

"Sudah dilakukan dalam tiga tahap. Sejauh ini 7,2 juta terdistirbusi," kata Menteri Pendidikan Dasar Menengah dan Kebudayaan (Mendikbud) Anies Baswedan usai menghadiri Rakor di Kementerian PMK, Jl Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Selasa (11/8/2015).

"Tahap keempat dilakukan bulan Agustus ini, 4,9 juta. Di akhir Agustus 60,7 persen sudah terdistribusi," lanjutnya.

Anies menjelaskan, saat ini Kemendikbud memprioritaskan pembuatan akun virtual untuk setiap penerima KIP. Melalui akun tersebut, siswa sudah bisa mengambil uang mereka meskipun tanpa kartu fisik.

"Begitu mereka menerima vitual account, mereka sudah bisa mengambil uang. Fisiknya menyisul, kartu didistribusikan bersama KIS (Kartu Indonesia Sehat) dan KKS (Kartu Keluarga Sejahtera)," tutur Anies.

Besaran bantuan yang diberikan melalui KIP yaitu Rp 225 ribu per semester (6 bulan) untuk tingkat SD. Sementara itu untuk tingkat SMP Rp 375 ribu per semester, dan setingkat SMA Rp 500 ribu per semester.