Follow us:   
Kontak kami:    kontak@wikidpr.org
Follow us:   
Kontak kami:    kontak@wikidpr.org
Berita Terkait

Kategori Berita

(DetikNews) Susi Protes Anggaran Kementeriannya Dipotong, Ini Penjelasan DPR

12/12/2018



Jakarta -Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti protes bila anggaran kemeneteriannya tahun depan dipotong Rp 2 triliun. Pemotongan anggaran tidak hanya dialami Kementerian KKP, Kementerian Pertanian, dan Kementerian Kehutanan anggarannya tahun depan juga dipangkas.

Kementerian Pertanian mendapat potongan anggaran Rp 1,3 triliun, sedangkan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan yang mendapat potongan Rp 187 miliar.

Anggota Komisi IV DPR RI dari Fraksi PPP Zainut Tauhid mengatakan, pemangkasan ini merupakan hasil kesepakatan pada Rapat Besar Badan Anggaran (Banggar) dengan Pemerintah yang saat itu diwakili Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro.

"Saya tidak tahu bagaimana suasana kebatinan yang terjadi saat itu. Tapi dalam Rapat Banggar Besar dengan Pemerintah disepakati bahwa Pagu Anggaran dalam RAPBN 2016 harus ditunda sebesar 4%, karena mempertimbangkan perubahan asumsi makro di tahun depan," ujar Zainut kepada detikFinance, ditemui di Gedung DPR, Senayan, Kamis (29/10/2015).

Ia menegaskan, dalam hasil Rapat Banggar Besar itu disebutkan bahwa anggaran sebesar 4% tersebut tidak dipangkas begitu saja. Tapi proses pencairannya ditunda hingga kuartal II-2016, dengan usulan kembali pada RAPBN Perubahan yang akan disulkan pada Februari 2016.

Meski anggaran tersebut tidak benar-benar dihapuskan, Zainut mengakui sangat menyayangkan sikap pemerintah dalam hal ini Kementerian Keuangan yang justru mengenakan pemangkasan cukup besar pada 3 kementerian mitra kerjanya.

"Sebenarnya kalau ada penundaan itu kan berlaku keseluruhan. Tapi 3 kementerian mitra kami ini yang mendapat penundaan‎ paling besar. Padahal justru mereka yang saat ini paling membutuhkan anggaran dana," kata dia.

"Kita lihat bagaimana Kementerian Kehutanan sedang berjibaku dengan kebakaran hutan. Kementerian Kelautan yang tengah giat memberantas illegal fishing‎ dan Kementerian Pertanian dengan swasembada pangannya. Ini harusnya anggaran mereka ditambah bukan malah ditunda," sambung dia.

KMP menolak pemotongan anggaran

Dalam rapat kerja dengan ketiga kementerian tersebut, 4 fraksi menyatakan menolak pemotongan anggaran, sedangkan 4 fraksi lainnya mendukung pemotongan anggaran tersebut.

"4 fraksi di Komisi IV menyatakan menolak penundaan anggaran 3 kementerian dan meminta untuk mengembalikan anggaran yang telah disetujui sebelumnya," kata Ketua Komisi IV DPR Edhie Prabowo, saat membacakan kesimpulan rapat kerja di Gedung DPR, Jakarta, Kamis (29/10/2015).

‎4 fraksi yang menolak pemotongan anggaran 3 kementerian yang bermitra dengan Komisi IV DPR adalah Fraksi Partai Golkar, Fraksi PKS, Fraksi Gerindra, Fraksi PPP. "4 fraksi menyatakan setuju dengan catatan," Edhie menambahkan.

4 fraksi yang menyetujui pemotongan anggaran adalan Fraksi PDIP, Fraksi PKB, Fraksi PAN, dan Fraksi Nasdem. Adapun Fraksi Partai Demokrat meminta mengembalikan anggaran pro rakyat yang telah disetujui sebelumnya. 

4 fraksi yang menolak pemotongan anggaran ketiga kementerian berargumen bahwa sektor pertanian, perikanan, dan lingkungan hidup serta kehutanan adalah sektor-sektor penting yang harusnya mendapat dukungan anggaran, bukan malah dipotong anggarannya.

Selain itu, surat dari Menteri Keuangan menyebutkan pemotongan anggaran dalam RAPBN 2016 hanya 4%, namun anggaran KKP dipotong sampai 15%, anggaran Kementan juga dipotong lebih dari 4%. Ketiga mitra Komisi IV pun semuanya terkena pemotongan. 

Sedangkan fraksi-fraksi yang setuju memberikan catatan bahwa anggaran yang dipotong saat ini harus diusulkan kembali sebagai tambahan anggaran dalam RAPBN-P 2016 yang akan dibahas pada Februari 2016 mendatang.