Follow us:   
Kontak kami:    kontak@wikidpr.org
Follow us:   
Kontak kami:    kontak@wikidpr.org
Berita Terkait

Kategori Berita

(DetikNews) Upaya Menaker Perluas Lapangan Kerja: Manfaatkan Program Padat Karya

12/12/2018



Jakarta - Menteri Ketenagakerjaan M Hanif Dhakiri mempersiapkan program khusus untuk memperbanyak jumlah lapangan kerja. Salah satunya dengan memanfaatkan program-program padat karya.

Program padat karya merupakan kegiatan yang lebih banyak memakai tenaga manusia daripada tenaga mesin. Padat karya yang dimaksud Hanif termasuk yang bersifat insfrastruktur maupun produktif. 

"Khusus yang terkait dengan perluasan kesempatan kerja memang ada sejumlah prorgam yang kita gunakan, yaitu program padat karya baik itu yang sifatnya infrastruktur maupun produktif," kata Hanif saat melakukan sosialisasi ketenagakerjaan di Kabupaten Situbondo, Jawa Timur, seperti dikutip dari website Kementerian Tenaga Kerja, Selasa (17/11/2015). 

"Ini kita lakukan di sejumlah daerah yang intinya ini juga untuk memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk bisa menguatkan daya beli mereka pada saat mereka ini menganggur," lanjutnya.

Sosialisasi yang dilakukan Hanif dalam rangka memberikan informasi dan pemahaman yang benar kepada masyarakat mengenai prosedur-prosedur bekerja di dalam dan di luar negeri. Politikus PKB itu juga memaparkan tiga program Kemenaker dalam mendorong peningkatan akses masyarakat terhadap lapangan kerja yang tersedia.

"Pertama adalah kita lakukan sosialisasi mengenai penempatan tenaga kerja di dalam negeri, kedua sosialisasi mengenai penempatan tenaga kerja luar negeri, dan yang ketiga adalah perluasan kesempatan tenaga kerja," papar Hanif.

"Nah ini tiga program yang kita gunakan sebagai instrumen untuk mendorong masyarakat agar bisa masuk ke pasar kerja," imbuhnya.