Follow us:   
Kontak kami:    kontak@wikidpr.org
Follow us:   
Kontak kami:    kontak@wikidpr.org
Berita Terkait

Kategori Berita

(DuniaTernak.com) Penuhi Kebutuhan Daging, Indonesia Butuh 45 Ribu Ekor Sapi Per Bulan

12/12/2018



DUNIATERNAK.COM, – Kebutuhan daging sapi di Indonesia terbilang cukup besar. Hal tersebut membutuhkan persiapan yang baik untuk dapat memenuhi kebutuham dalam negeri sepanjang tahun.

Bahkan, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo terkejut ketika mengetahui kebutuhan daging sapi di Indonesia sebanyak 45 ribu ekor per bulan. Angka tersebut diakuinya cukup besar mengingat kebutuhan di DKI Jakarta hanya sebesar 15 ribu ekor sapi per bulan.

“Kita bicara soal pangan, jagung untuk pakan ternak dan persiapan berkaitan kebutuhan daging sapi. Besar loh itu saya juga baru tahu Indonesia perlu 45 ribu ekor sapi per bulan. DKI saja 15 ribu ekor sapi per bulan,” kata Tjahjo usai rapat koordinasi (rakor) pangan di Kementerian Koordinator (Kemenko) bidang Perekonomian, Jakarta, Senin (2/11/2015).

Melihat angka yang cukup besar tersebut, dia menyatakan perlu adanya persiapan untuk penanganan kebutuhan pangan tersebut. Sebab, hal itu merupakan kebutuhan pokok masyarakat yang perlu dipenuhi.

“Kesepakatannya paling lambat Desember tahun depan tahu kebutuhan berapa, beras berapa, musim panennya bagaimana. Daging dan jagung kan kebutuhan pokok selain beras. Jagung untuk pakan ternak, tiga miliar ekor unggas tiap tahun dibutuhkan,” jelas dia.

Adapun rakor pangan yang berlangsung sejak siang tadi, dipimpin oleh Menko Perekonomian Darmin Nasution dan dihadiri juga oleh Menteri Perdagangan Thomas Trikasih Lembong, serta Direktur Utama (Dirut) Perum Bulog Djarot Kusumayakti.