Follow us:   
Kontak kami:    kontak@wikidpr.org
Follow us:   
Kontak kami:    kontak@wikidpr.org
Berita Terkait

Kategori Berita

(Harian Kompas) Pembayaran Klaim Korban Kecelakaan QZ8501 Tunggu Kepastian

12/12/2018



Asuransi merupakan keharusan agar sebuah pesawat diperbolehkan mengudara. Berbagai hal terkait pesawat bisa dijamin asuransi, seperti rangka pesawat, liabilitas pesawat, penumpang, dan awak kabin. Dengan demikian, saat suatu pesawat mengalami musibah dalam penerbangan, perusahaan asuransi akan membayar klaim.

Direktur Eksekutif Asosiasi Asuransi Umum Indonesia Julian Noor mengemukakan hal itu kepada Kompas di Jakarta, Selasa (30/12).

”Namun, kalau terjadi sesuatu, perusahaan asuransi akan menunggu terlebih dahulu sampai ada kepastian penyebabnya, atau pihak berwenang sudah resmi menyatakan pesawat itu hilang,” katanya.

Menurut Julian, jaminan asuransi wajib untuk penumpang berdasarkan Peraturan Menteri Perhubungan. Selain itu, ada juga jaminan asuransi Jasa Raharja untuk penumpang.

Seperti dikutip dari Reuters, perusahaan asuransi asal Jerman, Allianz, bertindak sebagai perusahaan utama dalam reasuransi untuk AirAsia. Terkait musibah jatuhnya pesawat AirAsia QZ 8501 dalam penerbangannya dari Surabaya (Indonesia) ke Singapura, Allianz diperkirakan bisa membayar klaim hingga 100 juta dollar AS atau sekitar Rp 1,2 triliun.

Terkait musibah yang dialami PT Indonesia AirAsia, PT Asuransi Jasa Indonesia (Persero) atau Jasindo menunggu kejelasan dari pihak berwenang. Sebagai perusahaan asuransi yang menanggung pesawat AirAsia di Indonesia, Jasindo siap membayarkan klaim kepada pemegang polis.

”Kami menunggu dulu kepastian dari pihak berwenang. Namun, kami siap,” kata Reni Rizal dari Humas Jasindo.

Dalam transaksi pembelian tiket pesawat AirAsia melalui laman AirAsia Indonesia, calon penumpang mendapatkan tawaran untuk membeli asuransi perjalanan. Asuransi bernama Tune Insurance AirAsia Travel Protection itu diterbitkan PT Asuransi Dayin Mitra Tbk.

Dalam perdagangan di Bursa Malaysia kemarin, saham AirAsia Berhad (AIRA) dibuka pada 2,69 ringgit Malaysia per lembar. Harga saham sempat turun menjadi 2,67 ringgit Malaysia, tetapi naik lagi dan ditutup pada 2,74 ringgit Malaysia per lembar. Dengan demikian, kemarin, AIRA menguat 1,86 persen.