Follow us:   
Kontak kami:    kontak@wikidpr.org
Follow us:   
Kontak kami:    kontak@wikidpr.org
Berita Terkait

Kategori Berita

(Harian Kompas) Rabu Ini, Budi Gunawan Dilantik sebagai Wakapolri

12/12/2018



Kepala Kepolisian Negara RI Jenderal (Pol) Badrodin Haiti dijadwalkan melantik Kepala Lembaga Pendidikan Polri Komisaris Jenderal Budi Gunawan sebagai Wakil Kepala Polri di Markas Besar Polri, Rabu (22/4) ini. Pelantikan dilakukan setelah Kepala Polri berkonsultasi dengan Presiden Joko Widodo.

Dari informasi yang ditelusuri Kompas di Istana, Selasa malam, Budi Gunawan adalah satu-satunya nama yang diputuskan oleh Dewan Jabatan dan Kepangkatan Tinggi (Wanjakti) Polri sebagai calon Wakil Kepala Polri. Keputusan Wanjakti Polri memilih Budi Gunawan juga sudah didukung semua kepala kepolisian daerah se-Indonesia.

"Menurut rencana, pelantikan pukul 13.00 WIB, tetapi kemungkinan dimajukan karena acara Kapolri sangat padat terkait pengamanan acara peringatan 60 tahun Konferensi Asia Afrika," kata seorang perwira tinggi Polri.

Kepala Badan Reserse Kriminal Polri Komisaris Jenderal Budi Waseso, yang juga anggota Wanjakti, saat dikonfirmasi pada Selasa malam mengenai rencana pelantikan Budi Gunawan sebagai Wakil Kepala Polri, hanya singkat mengatakan, "Lihat saja besok."

Menurut Budi Waseso, satu nama itu merupakan usulan dari Kepala Polri yang langsung disetujui rapat Wanjakti. "Ketika Kapolri menyebutkan satu nama, kami langsung setuju. Itu bukti kekompakan Polri," ujarnya.

Keputusan mutlak

Meskipun sudah menetapkan satu nama yang diajukan untuk mengisi jabatan yang ditinggalkannya sebagai Wakil Kepala Polri, Badrodin yang ditanya pada Selasa malam masih enggan menyebutkan nama tersebut. Namun, Badrodin menegaskan, nama yang diusulkan Wanjakti merupakan keputusan mutlak yang tidak dapat diganggu gugat, meskipun terjadi gejolak dari publik terkait nama calon Wakil Kepala Polri tersebut.

"Hal itu merupakan keputusan Wanjakti yang tidak bisa dipengaruhi oleh siapa pun," katanya.

Saat ditanya perihal dugaan tindak pidana korupsi yang dituduhkan kepada Budi Gunawan, Badrodin menyatakan, di dalam sidang Wanjakti, Budi Gunawan sudah memberikan penjelasan mengenai kasusnya yang tengah diselidiki oleh Bareskrim. Badrodin memastikan, terkait dugaan kasus tersebut sudah menjadi salah satu pertimbangan Wanjakti.

Sekretaris Kabinet Andi Widjajanto yang dihubungi mengatakan belum mendapatkan konfirmasi dari Presiden Joko Widodo terkait nama calon Wakil Kepala Polri. "Terakhir saya bertemu dengan Presiden pukul 18.30 WIB. Sekarang ini saya masih di Cengkareng untuk menjemput beberapa kepala negara peserta peringatan 60 tahun KAA," ujarnya.

Menteri Sekretaris Negara Pratikno juga belum mengetahui rencana tersebut. "Surat maupun dokumen apa pun terkait Wakil Kepala Polri saya belum terima," ujarnya.

Menurut Pratikno, terkait nama calon Wakil Kepala Polri, sikap Presiden Joko Widodo sudah jelas, bahwa Presiden memercayakan kepada Kepala Polri dan Wanjakti.

"Presiden juga selalu mendengar aspirasi. Ini sesuai dengan karakter kepemimpinannya yang selalu dekat dengan rakyat," katanya.

"Karena saya belum menerima apa pun, saya tidak bisa bereaksi apa pun, dan tidak bisa berkomentar apa pun sampai saat ini," ujar Pratikno.

http://print.kompas.com/baca/2015/04/22/Budi-Gunawan-Dilantik-Hari-Ini