Follow us:   
Kontak kami:    kontak@wikidpr.org
Follow us:   
Kontak kami:    kontak@wikidpr.org
Berita Terkait

Kategori Berita

(Inilah.Com) DPR Bisa Ganjal Rencana Jokowi Masuk TPP

12/12/2018



INILAHCOM, Jakarta - Terkait rencana Presiden Joko Widodo untuk masuk Trans Pacific Partnership (TPP) berpeluang diganjal DPR.

"Saya kira di level pemerintahan lebih mudah, tapi akan mendapatkan kendala di DPR," kata Pengamat Ekonomi Politik Nico Harjanto dalam sebuah diskusi di Jakarta Pusat, Sabtu (21/11/2015).

Menurut Nico, hambatan terbesar Presiden Jokowi jika Indonesia ingin bergabung dalam blok perdagangan bebas pasifik tersebut, sangat bergantung DPR. "Meskipun di level pemerintah persiapan untuk masuk TPP tidak akan hadapi hambatan, namun saya kira hambatannya akan terjadi di DPR," kata Nico.

Kata Nico, kekuatan politik yang bersemayam di parlemen tentu akan menjadikan masalah pasti banyak dari para anggota dewan yang memanfaatkan situasi ini.

"Karena masih banyak politisi Senayan yang hanya mementingkan kepentingan pribadi ataupun golongannya sendiri. Kalau kita sudah siap dengan TPP mau tidak mau harus dibawa ke DPR. Karena di DPR itu banyak pemain," kata Nico.

Karena itu menurut Nico pemerintah harus menambah kekuatan dukungan politiknya di DPR. "Saya kira kalau kekuatan politik tidak bertambah maka akan sangat berat (Indonesia masuk TPP)," pungkas Nico.