Follow us:   
Kontak kami:    kontak@wikidpr.org
Follow us:   
Kontak kami:    kontak@wikidpr.org
Berita Terkait

Kategori Berita

(Inilah.com) Tersangka Korupsi, PDIP PAW Adriansyah dari DPR

12/12/2018



INILAHCOM, Jakarta - Sidang paripurna DPR memutuskan Pergantian Antar Waktu (PAW) terhadap politikus PDI Perjuangan (PDIP) Adriansyah yang dipecat karena tersangkut kasus dugaan suap.

Adriansyah digantikan Dardiansyah untuk duduk sebagai anggota DPR. Sidang paripurna DPR sekaligus langsung melantik Darsiansyah. Dardiansyah merupakan caleg nomor urut 2 di bawah Ardiansyah.

"Apakah dapat kita lakukan pelantikan antar waktu DPR RI dari anggota Fraksi PDIP. Pelantikan pergantian antar waktu dari Adriyansah kepada Dardiyansah?" tanya pimpinan rapat paripurna Taufik kepada anggota DPR, di ruangan paripurna, Gedung DPR, Jakarta, Kamis (20/8/2015).

"Setuju!" jawab anggota DPR serentak yang hadir dalam sidang paripurna.

Pimpinan sidang langsung membacakan surat keputusan Presiden Jokowi terkait PAW tersebut. Dardianyah berasal dari Kalimantan Selatan daerah pemilihan II.

Lalu, pelantikan langsung dipimpin Ketua DPR Setya Novanto yang mengingatkan tugas anggota DPR bertanggung jawab terhadap rakyat dan menyelamatkan Pancasila serta UUD 1945.

"Saudara berumpah, patuh saya ingatkan, bahwa sumpah yang saudara sumpahkan bertanggung jawab erhadap masyarakat Republik Indonesia, menyelematkan Pancasila, UUD 1945. Sumpah ini adalah janji kepada Tuhan Yang Maha Esa, saya harap Saudara mengikuti," ujar Novanto.

"Saya bersedia," jawab Dadriansyah.

Sebelumnya, Ardiansyah dipecat PDIP karena tersangkut kasus dugaan korupsi. Eks Ketua DPD PDIP Kalimantan Selatan itu tertangkap tangan KPK saat menerima uang yang diduga suap di Sanur, Bali, Kamis (9/4/2015).

Berdasarkan Pasal 213 Undang-undang Nomor 7 tahun 2009, anggota DPR bisa berhenti antarwaktu karena meninggal dunia, mengundurkan diri, atau diberhentikan dari partainya.

Pasal 217 menyebutkan anggota DPR yang berhenti antarwaktu digantikan oleh calon anggota DPR yang memperoleh suara terbanyak urutan berikutnya dalam daftar peringkat perolehan suara dari partai politik yang sama pada daerah pemilihan yang sama. - See more at: http://nasional.inilah.com/read/detail/2231043/tersangka-korupsi-pdip-paw-adriansyah-dari-dpr#sthash.Fp36mzge.dpuf