Follow us:   
Kontak kami:    kontak@wikidpr.org
Follow us:   
Kontak kami:    kontak@wikidpr.org
Berita Terkait

Kategori Berita

Kementerian Koordinator - Rapat Kerja Badan Anggaran dan 4 Menko

12/12/2018



Badan Anggaran (Banggar) mengadakan Rapat Kerja pada 10 Februari 2015 dengan 4 Menteri Koordinator dari Kabinet Kerja terkait Rencana Anggaran Pendapatan Belanja Negara Perubahan (RAPBN-P) 2015.

Pada tanggal 19 Januari 2015 Pemerintah yang diwakili oleh Menteri Keuangan menyerahkan RAPBN-P ke DPR. RAPBN-P tersebut merubah APBN 2015 yang disahkan oleh mantan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada tanggal 14 Oktober 2014 melalui Undang-Undang Nomor 27 Tahun 2014 Tentang Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara.

Pada Rapat Kerja ini hadir Menteri Koordinator Perekonomian (Menko Perekonomian), Sofyan Djalil; Menteri Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Puan Maharani; Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Indonesia (Menko Maritim), Indroyono Soesilo; dan Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menko Polhukam), Tedjo Edhy Purdijanto.

Pemantauan Rapat

Ini respon dari Fraksi-Fraksi terhadap pemaparan pemerintah mengenai anggaran-anggaran yang diajukan didalam APBN-P 2015:

Fraksi Gerindra: Oleh Bambang Haryo Soekartono dari Jatim 1.  Bambang Haryo menilai anggaran yang diajukan Menko Polhukam terlalu kecil, terutama untuk anggaran pertahanan dan keamanan (hamkam), khususnya hamkam kelautan. Bambang Haryo menyoroti kasus evakuasi kecelakaan pesawat Air Asia QZ8501 lalu dimana ia menilai untuk evakuasi tersebut anggaran yang dipakai sudah cukup tinggi dan masih banyak keperluan lainnya.

Fraksi PKS: Oleh Andi Akmal Pasluddin dari Sulsel 2. Andi Akmal menilai anggaran sebesar Rp.700 milyar yang diajukan oleh Menko Polhukam terlalu kecil.  Andi Akmal menilai anggaran yang wajar bagi sebuah lembaga koordinator pertahanan dan keamanan butuh di kisaran triliunan.

Fraksi Nasdem: Oleh Ahmad HI M Ali dari Sulteng. Ahmad Ali saran untuk merubah APBN-P 2015 lagi walaupun sudah disetujui Banggar tadi malam demi mengakomodir penambahan anggaran yang diajukan Menko Polhukam sebesar Rp.700 milyar.

Patrice Rio Capella dari Bengkulu.  Rio Capella mendukung tambahan anggaran sebesar Rp.700 milyar yang diajukan Menko Polhukam.

Pada rapat ini Banggar sepakat bahwa anggaran untuk Menko PMK sebesar Rp.444,8 milyar, anggaran untuk Menko Perekonomian sebesar Rp.326.6 milyar, anggaran untuk Menko Maritim sebesar Rp.125 milyar dan anggaran untuk Menko Polhukam sebesar Rp.519.6 milyar.  

Untuk membaca rangkaian livetweet Rapat Kerja Badan Anggaran dengan 4 Menteri Koordinator kunjungi http://bit.ly/4menkobanggar.


wikidpr/fr