Follow us:   
Kontak kami:    kontak@wikidpr.org
Follow us:   
Kontak kami:    kontak@wikidpr.org
Berita Terkait

Kategori Berita

(Kompas) Blok Cepu Lifting Perdana

12/12/2018



PT Pertamina EP, salah satu anak usaha milik PT Pertamina (Persero) di Blok Cepu, berhasil memproduksi minyak siap jual atau lifting pertama kali sebesar 550.000 barrel. Produksi minyak dengan target produksi puncak ditargetkan 205.000 barrel per hari menjadi penting bagi pemenuhan target lifting tahun 2015.

Menurut Kepala Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) Amien Sunaryadi dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas, Minggu (12/4), lifting perdana dari Blok Cepu merupakan capaian penting bagi serangkaian komponen produksi di blok itu. Komponen yang dimaksud adalah pembangunan pipa darat sepanjang 27 kilometer (km), jalur pipa laut 23 km, dan menara tambat untuk kapal penampungan terapung (floating storage offloading/FSO).

"Volume lifting perdana sebanyak 550.000 barrel minyak mentah ini merupakan capaian penting dari Lapangan Banyu Urip, Blok Cepu, menyusul dibangunnya pipa-pipa penyaluran minyak, termasuk menara tambat untuk kapal penampungan terapung," kata Amien. Lifting perdana itu dilakukan di kapal FSO Gagak Rimang milik Pertamina di Surabaya. Kapal itu dipakai untuk menampung minyak mentah yang diproduksi dari Blok Cepu.

Menurut Vice President Corporate Communication Pertamina Wianda Pusponegoro, minyak dari Blok Cepu itu diangkut ke Kilang Balongan, Jawa Barat, dan Kilang Cilacap, Jawa Tengah, menggunakan kapal tanker MT Gunung Geulis milik Pertamina. Di kedua kilang itu, minyak diproses menjadi bahan bakar minyak untuk kebutuhan dalam negeri. "Minyak mentah yang diolah menjadi BBM di Kilang Balongan untuk memenuhi kebutuhan BBM di DKI Jakarta dan Jawa Barat," kata Wianda.

Target produksi

Wakil Ketua Komisi VII DPR RI Satya Widya Yudha mengatakan, produksi minyak mentah dari Blok Cepu menjadi andalan pemerintah memenuhi target lifting tahun 2015, sesuai target dalam APBN-P 2015 sebesar 825.000 barrel per hari. Realisasi lifting 2014 adalah 794.000 barrel per hari. Produksi puncak Blok Cepu ditargetkan 205.000 barrel per hari, naik dari rencana semula 165.000 barrel. Produksi puncak di Blok Cepu dijadwalkan Oktober-Desember 2015.

http://print.kompas.com/baca/2015/04/13/Blok-Cepu-%E2%80%9DLifting%E2%80%9D-Perdana