Follow us:   
Kontak kami:    kontak@wikidpr.org
Follow us:   
Kontak kami:    kontak@wikidpr.org
Berita Terkait

Kategori Berita

(Kompas) Curigai Kecelakaan AirAsia QZ8501, Komisi V DPR Usulkan Bentuk Panja

12/12/2018



SURABAYA, KOMPAS.com - Maskapai AirAsia dinilai menyalahi prosedur penerbangan sebelum menerbangkan QZ8501 dari Surabaya ke Singapura Minggu (28/12/2015). Karena itu Komisi V DPR RI berencana membentuk Panitia Kerja (Panja) investigasi kecelakaan pesawat AirAsia QZ8501.

Panja tersebut kata anggota Komisi V DPR, Nizar Zahro, untuk mengetahui penyebab terjadinya kecelakaan pesawat berpenumpang 155 orang itu konprehensif.

"Informasi yang kami dapat, AirAsia sebelum berangkat tidak meminta perkiraan kondisi cuaca ke BMKG," katanya di Surabaya, Jumat (2/1/2015).

Panja tersebut kata anggota DPR dari Dapil Madura ini juga untuk mengevaluasi sistem keamanan penerbangan nasional. "Yang benar ini yang mana, siapa yang harus memberi perkiraan kondisi cuaca, pihak maskapai, atau BMKG," terangnya.

Pihaknya tidak bermaksud mencari siapa yang salah dalam forum Panja nanti, kata Nizar Panja hanya bermaksud mengevaluasi agar kejadian kecelakaan penerbangan tidak lagi terulang di negeri ini.

Dia juga mengusulkan, agar secepatnya ada Rapat Dengar Pendapat (RDP) antara Komisi V DPR RI dengan Kementerian Perhubungan, Badan SAR Nasional (Basarnas), (BMKG), AirNav (Badan Navigasi), maskapai penerbangan dan pihak - pihak yang terkait untuk membicarakan hal ini.

"Tapi lebih dari itu, kami sangat apresiasi hasil kerja berbagai pihak yang berhasil menemukan lokasi jatuhnya pesawat dengan cepat," pungkasnya.