Follow us:   
Kontak kami:    kontak@wikidpr.org
Follow us:   
Kontak kami:    kontak@wikidpr.org
Berita Terkait

Kategori Berita

(Kompas) Jokowi: Saya Merasakan Kegelisahan Keluarga Penumpang AirAsia QZ8501

12/12/2018



Presiden Joko Widodo menyebut ikut merasakan kekhawatiran dan kegelisahan keluarga penumpang AirAsia QZ8501 yang hilang kontak dan belum ditemukan. Ia berharap semua upaya pencarian segera membuahkan hasil dan penumpang pesawat tersebut dapat ditemukan.

"Saya sangat terkejut, dan saya merasakan kegelisahan dan kekhawatiran dari seluruh keluarga penumpang dan awak pesawat sebagaimana juga dirasakan seluruh masyarakat," kata Jokowi, di Kantor Basarnas, Jakarta Pusat, Senin (29/12/2014) petang.

Jokowi menjelaskan, dirinya sedang berada di Wamena, Papua, saat mendengar kabar pesawat tersebut hilang kontak. Ia mengatakan langsung meminta Wakil Presiden Jusuf Kalla memimpin koordinasi pencarian bersama Basarnas dan seluruh lembaga terkait serta masyarakat.

Jokowi melanjutkan, hingga hari ini pemerintah telah menerjunkan 23 pesawat dan 24 kapal untuk mencari pesawat AirAsia QZ8501. Upaya pencarian juga bertambah karena bantuan dari pemerintah negara sahabat seperti Malaysia yang menerjunkan 3 kapal dan 1 helikopter, 2 pesawat dari Australia, dan 2 pesawat serta 2 kapal dari Singapura.

"Semuanya sudah kita kerahkan. Marilah bersama-sama kita dukung pencarian pesawat ini, semoga mendapat hasil, dan kejelasan. Kita berdoa semoga upaya pencarian ini dimudahkan, seluruh penumpang bisa ditemukan," ujarnya.

Pesawat AirAsia QZ8501 hilang kontak dalam penerbangan dari Surabaya menuju Singapura, Minggu (28/12/2014) pagi. Pada Minggu malam, upaya pencarian dihentikan karena kekhawatiran atas kondisi cuaca buruk. Dalam rilisnya kemarin, Kementerian Perhubungan menyebutkan, pesawat diperkirakan jatuh di perairan Tanjung Pandan dan Pontianak.

Pesawat tersebut mengangkut 155 penumpang dan 7 kru, yang sebagian besar berasal dari Indonesia. Sementara itu, warga asing yang terdapat dalam penerbangan tersebut antara lain warga negara Malaysia, Singapura, Korea Selatan, Perancis, Inggris, dan Amerika Serikat.