Follow us:   
Kontak kami:    kontak@wikidpr.org
Follow us:   
Kontak kami:    kontak@wikidpr.org
Berita Terkait

Kategori Berita

(Kompas.com) BPN Gelar Pelayanan Sertifikat Malam Hari

12/12/2018



JAKARTA, KOMPAS.com - Dalam upaya meningkatkan pelayanan mengurus sertifikat, Kementerian Agraria dan Tata Ruang atau Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) menggelar "BPN Night Service". 

Fasilitas ini disediakan ATR/BPN di Plaza Barat Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta, mulai Rabu malam (6/1/2016). 

"Pertama, memudahkan dengan jarak. Di Jakarta 5 kilometer saja bisa ditempuh berjam-jam. Harapannya dan keinginan kami ingin di banyak titik," ujar Menteri ATR/BPN Ferry Mursyidan Baldan, di Jakarta, Rabu (6/1/2016). 

Dia menjelaskan, dari segi waktu, pemerintah harus menyediakan layanan dalam waktu relatif singkat agar memudahkan masyarakat. 

Untuk itu, Kementerian ATR/BPN meningkatkan pelayanan selain waktu reguler yakni jam 8 sampai jam 4 sore. Pasalnya, waktu tersebut bersamaan juga dengan jam bekerja. 

Dengan demikian, banyak orang yang ingin mengurus sertifikatnya tetapi tidak memiliki waktu. 

Di kota besar seperti Jakarta misalnya, masyarakat umumnya bekerja di jam-jam tersebut. Saat selesai bekerja, mereka baru memiliki waktu untuk mengurus sertifikat.

"Di sini (Kantor BPN) mau urus, di sana (warga) enggak ada waktu buat ngurus. Jadi enggak terhubung, makanya perlu bergerak. Salah satunya dengan ini, pelayanan malam hari," sebut Ferry. 

Inovasi ini, tutur dia, datang dari para kepala kantor BPN di DKI Jakarta. Model pelayanan ini yang memudahkan dari sisi waktu dan jarak. 

Selain di Jakarta, ATR/BPN juga membuka pelayanan malam hari di Semarang. Di kota ini, kantor ATR/BPN buka jam 4 sore sampai jam 8 malam. 

Ferry berharap, masyarakat bisa mengurus sertifikat setiap hari. Sebelumnya, ATR/BPN juga telah membuka pelayanan sertifikat pada Sabtu-Minggu. 

Adapun di DKI Jakarta, selain pelayanan Sabtu-Minggu, disediakan pula fasilitas kepengurusan sertifikat saat hari bebas kendaraan atau car free day, di Thamrin. 

"Jadi sambil olahraga, bisa mengurus sertifikat. Di daerah lain juga begitu, mereka datang, lalu diajak senam pagi, abis senam urusannya selesai," tandas Ferry.