Follow us:   
Kontak kami:    kontak@wikidpr.org
Follow us:   
Kontak kami:    kontak@wikidpr.org
Berita Terkait

Kategori Berita

(Liputan6.com) Menkes Nila Moeloek Lepas 553 Dokter ke Seluruh Pelosok Indonesia

12/12/2018



Liputan6.com, Jakarta Dalam rangka memperingati puncak Hari Kesehatan Nasional ke-51, Kementrian Kesehatan menggelar kegiatan jalan sehat yang diikuti sekitar 2 ribu peserta. Dalam kesempatan itu, Menteri Kesehatan RI juga melepas 553 dokter muda ke seluruh pelosok Indonesia.

553 dokter muda yang usianya di bawah 35 tahun tersebut, sudah melalui proses seleksi terlebih dahulu. Nantinya ratusan dokter itu akan melaksanakan program Nusantara Sehat yang juga telah dicanangkan oleh Kementrian Kesehatan.

"Setelah dilakukan tes dan kami seleksi, mereka dilatih istilahnya 'Bela Negara' atau 'Mental untuk Menjadi Kesatuan'," ujar Menteri Kesehatan Nila F. Moeloek di Silang Barat Monumen Nasional, Jakarta Pusat, Minggu (6/12/2015).

Sebelumnya, 553 dokter itu telah melewati seleksi tahap pertama yang diikutsertakan oleh 1.459 dokter. Mereka adalah dokter-dokter dengan usia di bawah 35 tahun. Ratusan dokter yang disebar di pelosok dan perbatasan Indonesia itu menurut Nina adalah pengejawantahan instruksi dari Presiden RI Joko Widodo.

"Kita akan hadir di antara masyarakat, seperti yang diminta oleh Bapak Presiden (Joko Widodo). Kami akan mengirim Nusantara Sehat," lanjut Nina.

Program Nusantara Sehat yang digalang Kementrian Kesehatan melibatkan sekitar 9 tenaga kesehatan yang melibatkan dokter umum, dokter gigi, tenaga kesehatan masyarakat, ahli laboratorium medik, tenaga farmasi, tenaga gizi, dan bidan. Untuk penempatan 600 tenaga kesehatan nantinya akan dilakukaan secara berkala ke 120 puskesmas dengan masa tugas 2 tahun.