Follow us:   
Kontak kami:    kontak@wikidpr.org
Follow us:   
Kontak kami:    kontak@wikidpr.org
Berita Terkait

Kategori Berita

(Liputan6.com) Presiden Jokowi Tengarai Banyak Pemborosan Anggaran

12/12/2018



Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Keuangan (Kemenkeu) tengah berupaya keras mengumpulkan pendapatan negara yang ditargetkan Rp 1.761,6 triliun di APBN-P 2015. Sayangnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengendus indikasi maraknya pemborosan dalam penggunaan keuangan negara. 

Menteri Keuangan (Menkeu), Bambang Brodjonegoro menegaskan, Presiden Jokowi tidak pernah menginstruksikan pemangkasan anggaran meski target penerimaan negara minim, salah satunya proyeksi penerimaan pajak Rp 1.294,25 triliun yang diyakini bakal gagal tercapai. 

"Presiden minta setiap Menteri harus memperhatikan APBN di Kementerian/Lembaga masing-masing. Karena diindikasikan masih banyak terjadi pemborosan atau ketidaktepatan dalam belanja," ucap Bambang di Nusa Dua, Bali, seperti ditulis Minggu (13/12/2015). 

Sebagai contoh yang pantas ditiru Kementerian/Lembaga lain, katanya adalah Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) di bawah kepemimpinan Susi Pudjiastuti. Pemilik maskapai penerbangan Susi Air ini menjadi panutan dalam Sidang Kabinet Paripurna di Istana Bogor, pekan lalu.