Follow us:   
Kontak kami:    kontak@wikidpr.org
Follow us:   
Kontak kami:    kontak@wikidpr.org
Berita Terkait

Kategori Berita

(MetrotvNews) Transportasi dan Energi akan Jadi Penopang Pembiayaan Infrastruktur

12/12/2018



Metrotvnews.com, Jakarta: Sektor transportasi dan energu akan menjadi penopang pembiayaan sektor infrastruktur di 2015. Lebih dari separuh bankir yang disurvei menuturkan bahwa bank tersebut harus memperbesar pembiayaan infarstruktur yang selama ini masih kurang dari 10 persen portfolio kredit.

Survey yang dilakukan konsultan keuangan PwC  dari 8 Desember 2014 sampai dengan 9 Januari 2015 terhadap sejumlah bankir, meskipun meyakini kedua sektor tersebut, bankir juga meyakini permasalahan regulasi, dan pembebasan lahan menjadi faktor bagi pembiayaan infrastruktur.

Sektor transportasi sejalan dengan usaha Presiden Jokowi untuk mulai menggalakkan industri maritim di 2015. OJK memprediksi pembiayaan melalui sektor maritim akan tumbuh dua kali lipat ketimbang dengan tahun lalu.

Survei ini melibatkan 62 bankir senior dengan 38 persen di antaranya adalah CEO dan deputi CEO dari perbankan nasional. Bank yang disurvei memiliki 76 persen dari total aset perbankan termasuk sembilan di antaranya merupakan bank papan atas di Indonesia.

Bank tersebut terdiri dari BUMN, bank asing, semua bank BUKU IV di Indonesia, bank syariah, dan BPD. Rinciannya adalah tiga bank BUMN, 13 dari 25 bank asing dan semua bank dengan kategori BUKU IV di Indonesia.