Follow us:   
Kontak kami:    kontak@wikidpr.org
Follow us:   
Kontak kami:    kontak@wikidpr.org
Berita Terkait

Kategori Berita

(OkeZone.Com) FITRA Sikapi Dana Aspirasi DPR

12/12/2018



JAKARTA - Sekjen Forum Indonesia untuk Transparansi Anggaran (FITRA), Yenny Sucipto, menilai dana aspirasi sebesar Rp11,2 triliun tak perlu menjadi polemik dan tidak perlu diusulkan.

"Tidak urgen untuk diusulkan, dan ada beberapa catatan mengenai hal dana aspirasi tersebut, yaitu dana aspirasi, alih-alih alasannya pemerataan, alasan tersebut terbantahkan, karena dari 560 anggota sekira 360 anggota berada di Jawa, karena indikator dana aspirasi adalah per anggota," ujar Yenny saat berbincang dengan Okezone, Kamis (17/6/2015).

Selain itu, kata dia, dana aspirasi akan tumpang tindih dengan dana-dana yang lain seperti dana perimbangan, dana penyesuaian, dan dekonsentrasi tugas pembantuan yang melekat di masing-masing kementerian dan lembaga, termasuk dana desa.

"Karena dana aspirasi akan dilekatkan pada DAK dan untuk infrastruktur. Dana aspirasi yang diusulkan oleh DPR memang merespons Pasal 80j UU MD3, namun paradoks dengan Pasal 70 Ayat (2) bahwa DPR dalam fungsi budgeting-nya hanya mempunyai kewenangan membahas dan menyetujui," sambungnya.

Yenny mengatakan, dana aspirasi ini akan dilekatkan di DAK untuk infrastruktur dan akan diplot per nama anggota. "Sehingga, berpotensi dijadikan alat mobilisasi yang menguntungkan anggota nantinya di 2019," pungkasnya.