Follow us:   
Kontak kami:    kontak@wikidpr.org
Follow us:   
Kontak kami:    kontak@wikidpr.org
Berita Terkait

Kategori Berita

(OkeZone.com) Surya Paloh Harus Jelaskan Kasus Korupsi yang Menyeret Kadernya

12/12/2018



JAKARTA - Pengamat Politik dari Universitas Paramadina Hendri Satrio menilai mangkirnya Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh sebagai saksi dalam sidang terdakwa mantan Sekjen Partai Nasdem Patrice Rio Capella merubah image yang selama ini dibangunnya.

“Seharusnya Surya Paloh menjelaskan kenapa ia tidak hadir,”kata Hendri Satrio kepada Okezone, Senin (23/11/2015).

Selain itu, lanjut Hendri, Paloh harus menjelaskan posisi Partai NasDem. Sebab sejumlah kadernya terseret dalam kasus tersebut. “Harus dia jelaskan kepada masyarakat posisi partainya karena ada kader dan sosialis partai yang terseret seperti Jaksa Agung,” ujarnya.

Seperti yang diketahui Patrice Rio Capella dalam perkara tersebut didakwa menerima Rp200 juta dari Gubernur Non Aktif Sumatera Utara (Sumut) Gatot Pujo Nugroho dan istrinya Evy Susanti melalui Fransisca Insani Rahesti.

Uang tersebut diberikan kepada Capella dengan tujuan mempermudah pengurusan penghentian penyelidikan perkara dugaan tindak pidana korupsi Dana Bansos, Bantuan Daerah Bawaan (BDB), Bantuan Operasional Sekolah (BOS), tunggakan Dana Bagi Hasil (DBH) dan Penyertaan Modal pada sejumlah BUMD pada pemerintahan Provinsi Sumur yang ditangani oleh Kejaksaan Agung melalui pendekatan islah.

Surya Paloh dalam dakwaan disebut menghadiri pertemuan pada 19 Mei 2015 di Kantor DPP NasDem Gondangdia yang juga dihadiri oleh Gatot Pujo Nugroho dan Wakil Gubernur Sumur Tengku Erry Nuradi dan Ketua Mahkamah Partai NasDem Otto Cornelius Kaligis.

Karena itu, mangkirnya Paloh dalam sidang yang dilakukan di Pengadilan Tipikor kemarin, membuat Jaksa Penuntut Umum tetap ingin menghadirkan Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh sebagai saksi dalam sidang terdakwa mantan Sekretaris Jenderal Partai Nasdem Patrice Rio Capella pekan depan.