Follow us:   
Kontak kami:    kontak@wikidpr.org
Follow us:   
Kontak kami:    kontak@wikidpr.org
Berita Terkait

Kategori Berita

Pemekaran Wilayah Papua - Audiensi Komisi 2 dengan Masyarakat Papua

12/12/2018



Pada 20 April 2015 Komisi 2 mengadakan Audiensi dengan beberapa perwakilan dari Masyarakat Papua terkait pemekaran wilayah di Papua.

Pemaparan dari Mitra Rapat

Berikut adalah beberapa pemaparan dari Masyarakat Papua Mimika Timur:

  • Kami mohon agar pemekaran wilayah di Mimika Timur segera terlaksana.

  • Kami tidak akan lagi menerima proyek smelter sebelum Mimika Timur memekarkan wilayah.

  • Kami sebagai perwakilan masyarakat Papua meminta DPRD untuk menindak lanjuti Freeport karena tidak memberi manfaat untuk masyarakat Papua.

  • Kami memohon kepada Komisi 2 dan DPR untuk menyidang Freeport untuk segera membangung Papua.

Berikut adalah beberapa pemaparan dari Masyarakat Papua Barat:

  • Konflik di daerah perbatasan banyak. Oleh karena itu kami meminta Manokwari untuk melepaskan Manokwari Barat agar dimekarkan.

Pemantauan Rapat

Ini respon dari fraksi-fraksi terhadap pemaparan dari Mitra Rapat:

Fraksi PDI Perjuangan: Oleh Komarudin Watubun Tanawani Mora dari Papua. Menurut Komarudin daerah Papua Selatan semoga menjadi prioritas pemekaran karena berbatasan dengan 2 negara tetangga.

Fraksi Demokrat: Oleh Fandi Utomo dari Jatim 1. Fandi mendukung pemekaran wilayah Papua ini dan saran untuk segera didorong. Namun demikian, Fandi saran sebelum dibawa ke Komisi 2 baiknya di evaluasi dulu sebelum pemekaran wilayah.

Wahidin Halim dari Banten 3. Wahidin menjanjikan bahwa Kelompok Kerja (Pokja) Komisi 2 siap menggolkan tentang pemekaran wilayah di Papua ini.

Fraksi PKS: Oleh Muhammad Yudi Kotouky dari Papua. Yudi prihatin dengan masyarakat Papua karena setiap kali ke DPR hanya untuk pemekaran wilayah. Menurut Yudi apabila masih ada 2 opsi sebaiknya di musyawarahkan kembali sebelum pemekaran. Yudi menilai setiap pemekaran wilayah itu perlu disampaikan kembali ke induk pusat sebelum melakukan pemekaran.

Audiensi dengan Masyarakat Papua tentang pemekaran wilayah ditutup oleh Ketua Rapat pukul 11:46 WIB.

Untuk membaca rangkaian livetweet Audiensi dengan Masyarakat Papua tentang pemekaran wilayah di Papua kunjungi http://chirpstory.com/li/263482.


wikidpr/sith