Follow us:   
Kontak kami:    kontak@wikidpr.org
Follow us:   
Kontak kami:    kontak@wikidpr.org
Berita Terkait

Kategori Berita

Pendidikan Islam - Rapat Komisi 8 dengan PGSI dan Guru Madrasah

12/12/2018



Pada 25 November 2015, Komisi 8 mengadakan Rapat Dengar Pendapat Umum (RDPU) dengan Persatuan Guru Seluruh Indonesia (PGSI) dan Guru Madrasah membahas tata kelola anggaran Pendidikan Islam (Pendis).

Rapat dipimpin oleh Wakil Ketua Komisi 8, Khotibul Umam Wiranu dari Jateng 8. Khotibul membuka rapat dengan mengajukan beberapa pertanyaan terkait tata-kelola anggaran Pendidikan Islam. Pertama, mengenai kendala pelaksanaannya, lalu masalah yang terkait tunjangan profesi guru. Dan pertanyaan ketiga adalah mengenai bentuk peran Kementerian Agama dalam Pendis.

Pemaparan Mitra

Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN):

  1. Madrasah Ibtidaiyah Negeri mendapat dana dari APBN dan APBD.
  2. Kami meminta agar unit cost untuk Madrasah bisa lebih adil karena mata pelajaran dalam madrasah lebih banyak dibanding sekolah lain.
  3. Kami mengusulkan agar jumlah MIN bisa ditambah lagi.

Madrasah Aliyah (MA):

  1. Memohon perbaikan sarana yang masih minim, misalnya sarana parkir dan ruang olahraga.
  2. Sudah 2 tahun pengajuan perbaikan sarana belum ditanggapi dan sudah 6 tahun pembangunan masjid belum rampung juga.

Madrasah I’tidaiyah Swasta (MIS):

  1. MIS di Bandung Barat hanya berjumlah 2, selebihnya adalah MIN.
  2. Sumber dana hanya mengandalkan dana BOS, tidak ada dari daerah atau provinsi.
  3. Untuk pencairan dana, kami meminta agar pencairannya dipermudah.

Pemantauan Rapat

Berikut merupakan respon Anggota Komisi 8 terhadap pemaparan Mitra:

Fraksi PDI Perjuangan: Oleh Samsu Niang dari Sulsel 2. Samsu menilai bahwa semangat juang dari para santri kelihatan mulai luntur. Menurut Samsu, jika pembelajaran pendidikan Islam (Pendis) di Madrasah hanya mengacu pada pembelajaran konvensional yang satu arah, tentu akan ketinggalan dari sekolah lainnya. Oleh karena itu, metode pengajaran di Madrasah perlu dikembangkan.

Fraksi Golkar: Oleh Endang Maria Astuti dari Jateng 4. Endang berharap Komisi 8 bisa mendorong Kementerian Agama (Kemenag) agar dapat mempermudah proses pengaliran dana kepada pihak terkait Pendidikan Islam (Pendis) karena program pendidikan dasar agama dapat menjadi cikal bakal bangsa Indonesia. Endang mengkhawatirkan bahwa wacana sekolah agama akan dihapuskan dan mengingat bahwa Madrasah yang di bawah Kemenag sangat jauh tertinggal dibanding sekolah lainnya yang di bawah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Fraksi Demokrat: Oleh Khotibul Umam Wiranu dari Jateng 8. Umam berharap program Pendidikan Islam (Pendis) empat tahun ke depan lebih terarah. Umam menyebutkan bahwa berdasarkan data Kementerian Agama (Kemenag), hanya 6%-7% yang mampu difasilitasi dari seluruh sarana dan prasarana (sarpras) Pendis di seluruh Indonesia. Namun ketidak-adilan porsi anggaran sedang diperjuangkan.

Umam menilai bahwa 20% anggaran APBN itu untuk pendidikan seluruhnya, bukan hanya yang umum saja dan bisa juga untuk agama. Umam bersama Komisi 8 berupaya agar Pemerintah dan DPR memperhatikan Pendis secara khusus ke depannya

Fraksi PKB: Oleh An’im F Mahrus dari Jatim 6. Menurut An’im, kebutuhan sarana dan prasarana untuk madrasah negeri dan swasta sangat tidak seimbang. An’im berharap Komisi 8 dapat memberikan rekomendasi kepada Pemerintah Daerah setempat untuk lebih memperhatikan sekolah yang berbasis agama.

Respon Mitra

Berikut merupakan respon Mitra terhadap pertanyaan dan masukan dari Anggota Komisi 8:

  1. Meminta agar anggaran di Madrasah Ibtidiyah Negeri dan Swasta dapat disamakan.
  2. Meminta pelajaran TIK tidak dihapus untuk Kurikulum 2013.
  3. Terkait pengangkatan PNS dari tenaga honorer, kami merasa terbantu walaupun masih banyak honorer yg belum diangkat.
  4. Mohon agar anggaran untuk Madrasah Tsanawiyah Negeri dan Swasta dimasukkan karena sampai saat ini masih banyak yang belum memiliki musala.

Rapat Dengar Pendapat Umum Komisi 8 dengan PGSI dan Guru Madrasah ditutup tanpa kesimpulan pukul 12.52 WIB oleh Khotibul Umam Wiranu.

 

Untuk membaca rangkaian livetweet Rapat Dengar Pendapat Umum Komisi 8 dengan PGSI dan Guru Madrasah, kunjungi http://chirpstory.com/li/294416.

 

wikidpr/cs

Ilustrasi: galamedianews.com