Follow us:   
Kontak kami:    kontak@wikidpr.org
Follow us:   
Kontak kami:    kontak@wikidpr.org
Berita Terkait

Kategori Berita

Rencana Kerja dan Anggaran RAPBN 2016: Rapat Kerja Komisi 5 dengan Menhub, MenPUPERA dan MenDes

12/12/2018



Komisi 5 pada 24 Juni 2015 mengadakan Rapat Kerja dengan Menteri Perhubungan (Menhub), Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (MenPUPERA), Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (MenDes) untuk mengambil keputusan atas pendahuluan Rencana Kerja dan Anggaran (RKA) dan Rencana Kerja Pemerintah (RKP) terkait Rencana Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Tahun 2016 (RAPBN 2016).

Raker yang dimulai pukul 10:39 WIB dipimpin oleh Ketua Komisi 5, Fary Djemy Francis dari NTT 2. Raker dihadiri oleh 12 dari 53 anggota Komisi 5 dan dinyatakan memenuhi kuorum.

Ketua Rapat membacakan agenda Raker hari ini yaitu:

  1. Meminta persetujuan dari fraksi-fraksi di Komisi 5 atas pendahuluan dari Rencana Kerja dan Anggaran (RKA) dari Kemenhub, KemenPUPERA dan KemenPDT.

Ketua Rapat membuka rapat dengan mengingatkan Menhub, MenPUPERA dan MenDes bahwa DPR akan reses tanggal 3 Juli 2015 dan oleh karena itu Komisi 5 meminta jawaban tertulis untuk rapat-rapat kerja sebelumnya dari mitra-mitra sebelum tanggal 3 Juli 2015.

Pemantauan Rapat

Berikut ini merupakan respon fraksi-fraksi menanggapai pemaparan dari Mitra Rapat:

Fraksi PDI Perjuangan: Oleh Yoseph Umarhadi dari Jabar 8. Yoseph menegaskan bahwa ada kesenjangan yang mencolok antara Pagu Kebutuhan dan Pagu Indikatif dari yang diajukan mitra-mitra Komisi 5. Komisi 5 sepakat untuk perjuangkan peningkatan pagu untuk mengurangi kesenjangan. Yoseph khawatir dengan kesenjangan pagu ini Program Nawa Cita tidak akan tercapai.

Sukur Nababan dari Jabar 6. Sukur menggaris bawahi dari 2015 ke Pagu Indikatif terjadi penurunan dan harus ada perjuangan besar dari Komisi 5 di Badan Anggaran (Banggar) untuk memenuhi kebutuhan mitra-mitra kerja. Menurut Sukur ekonomi kita sedang lesu dan Sukur sangat berharap mitra-mitra Komisi 5 bisa meningkatkan ekonomi Indonesia.

Sadarestuwati dari Jatim 8. Sadarestuwati menekankan bahwa ia belum setuju dengan pemaparan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (MenPDT).

Fraksi Gerindra: Oleh Moh Nizar Zahro dari Jatim 11. Nizar desak Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (MenPUPERA) untuk segera definitifkan Kepala Badan Pengelolaan Wilayah Surabaya-Madura (BPWS).

Rita Zahara dari Riau 1. Rita minta perhatian khusus dari Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (MenPDT) untuk tegur jajaran kementeriannya karena menurut Rita tidak banyak yang menguasai lingkup kerjanya.

Fraksi Demokrat: Oleh Bahrum Daido dari Sulsel 3. Bahrum tanya ke mitra-mitra dari Komisi 5 dimana dokumen-dokumen pelengkap terkait Pagu Kebutuhan dan Pagu Indikatifnya. Bahrum heran mengapa ia tidak mendapatkan dokumen-dokumen tersebut dan jawaban-jawaban tertulis dari mitra-mitra.

Fraksi PAN: Oleh Ahmad Bakri dari Jambi. Haji Bakri berharap dengan sangat bahwa tahun ada sinergitas antara Kementerian Perhubungan dengan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.

Fraksi PKB: Oleh Jazilul Fawaid dari Jatim 10. Jazilul menekankan ke Menteri Perhubungan bahwa tanggung-jawab konektivitas ada di pundak beliau. Namun Jazilul mendengar laporan bahwa dalam penyerapan anggaran Kementerian Perhubungan (Kemenhub) di 2015 menunjukkan gelagat yang tidak baik. Oleh karena itu Jazilul ingin evaluasi ulang Pagu Kebutuhan dari Kemenhub dan tolak ukur penyerapannya.

Respon Mitra

Berikut adalah beberapa respon Mitra Rapat menanggapi masukan dan pertanyaan dari anggota Komisi 5:

MenPUPERA:

  • Kami perjuangkan Pagu Kebutuhan kami di Sidang Kabinet dan Presiden minta Menteri Keuangan untuk mencatat kebutuhan kami.

  • Kami menerima apa yang disampaikan dalam kesimpulan rapat ini untuk ditetapkan.

Menhub:

  • Pelabuhan rakyat menjadi fokus penting untuk Kemenhub. Pelabuhan samudera itu menjadi tanggung-jawab PELINDO 1-4.

  • Mengenai penyerapan, kami akan dorong terus. Penyerapan paling besar salah satunya untuk Direktorat Perkereta-apian. Kami harap tidak lebih buruk daripada Tahun 2014. Di Semester ke-2, penyerapan kami akan naik karena kerja fisik akan dimulai.

  • Saya sangat mendukung untuk dilakukan evaluasi tentang mudik dan juga untuk mendorong investasi.

  • Kita sudah memangkas 150 perizinan yang masih pending dalam 8 bulan saya menjabat.

Kesimpulan

  1. Komisi 5 dan Mitra-Mitra rapat menyetujui alokasi anggaran RKP, RKAKL dalam pendahuluan pembahasan RAPBN 2016.

  2. Komisi 5 akan memperjuangkan pagu-pagu kebutuhan Mitra-Mitra kerja dari Komisi 5.

Ketua Rapat menutup Raker persiapan mudik Lebaran Tahun 2015 pukul 11:35 WIB.

 

Untuk membaca rangkaian livetweet Rapat Kerja Komisi 5 dengan Menteri Perhubungan, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat dan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi tentang pembahasan pendahuluan RAPBN 2016 kunjungi: http://chirpstory.com/li/273287.


wikidpr/mey