Follow us:   
Kontak kami:    kontak@wikidpr.org
Follow us:   
Kontak kami:    kontak@wikidpr.org
Berita Terkait

Kategori Berita

(Republika) DPR Pastikan Golkar dan PPP Ikut Pilkada Desember Mendatang

12/12/2018



REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wakil Ketua Komisi II DPR Lukman Edy mengkritik pernyataan Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam) Tedjo Edhy Purdijatno, yang mengatakan kemungkinan besar Partai Golkar dan PPP absen dari Pilkada serentak tahun 2015.

"Catatan saya, kritik pemerintah, Pak Tedjo yang menyatakan dua parpol terancam tidak bisa ikut Pilkada, itu keliru," katanya di gedung DPR, Jakarta, Selasa (12/5).

Politikus PKB itu mengatakan, panitia kerja (panja) Komisi II telah memiliki solusi untuk dua parpol yang bersengketa tersebut. Ia pun meyakinkan, seluruh partai dapat ikut dalam Pilkada serentak yang digelar Desember mendatang.

"Aturan sebelumnya yakni putusan pengadilan inkracht dan islah udah ada jalan keluarnya kok. Jadi nggak mungkin nggak ikut Pilkada. Kami nyatakan sepuluh parpol pasti ikut. Cuma siapa dari pihak siapa yang ikut itu tunggu nanti," jelasnya.

Sebelumnya, Menko Polhukam Tedjo Edhy Purdijatno menyatakan Partai Golkar dan PPP berpotensi absen dari Pilkada serentak tahun ini bila masih terjadi konflik di internalnya. 

Tedjo mengatakan, bila Golkar dan PPP tak segera menyelesaikan konflik internal berupa dualisme kepengurusan, maka sudah menjadi konsekuensi yang harus diterima bagi keduanya untuk tidak bisa ikut serta dalam Pilkada.

"Aturannya memang demikian. Undang-Undang mengatakan tidak bisa mengikuti Pilkada apabila masih terjadi perselisihan internal dalam partai," kata Tedjo.