Follow us:   
Kontak kami:    kontak@wikidpr.org
Follow us:   
Kontak kami:    kontak@wikidpr.org
Berita Terkait

Kategori Berita

(Republika) Taufik Kurniawan [Wakil Ketua DPR] Desak Jokowi Segera Putuskan Konflik KPK-Polri

12/12/2018



Kekisruhan antara KPK dan Polri yang terjadi belakangan dinilai sudah berlarut-larut dan menguras energi Presiden Joko Widodo. Wakil Ketua DPR RI Taufik Kurniawan mengatakan, sudah waktunya Jokowi menyelesaikan masalah tersebut dan kembali fokus pada rakyat.

"Rakyat itu sudah capek (dengan kekisruhan yang terjadi). Sudah saatnya pemerintah fokus pada program-program kesejahteraan rakyat," kata Taufik dalam acara diskusi di Cikini, Jakarta Pusat, Sabtu (7/2).

Taufik mengatakan, masih banyak agenda terkait rakyat yang perlu kembali difokuskan. Beberapa di antaranya yaitu agenda terkait kesejahteraan rakyat seperti kemiskinan dan pengangguran. DPR, lanjutnya, harus memberi "deadline" kepada Jokowi untuk segera menetapkan calon Kapolri.

"Masalah kerakyatan ini sudah menunggu dan harus disentuh, jadi kalau Presiden Jokowi tidak putuskan dalam minggu ini, merugikan beliau sendiri," ujarnya.

"Setelah pulang dari kunjungan luar negeri, Senin atau Selasa kita tunggu. Ini bentuk dukungan DPR bukannya intervensi," kata Taufik lagi.

Pengamat politik Hanta Yudha mengatakan, dalam sistem presidensial yang dianut Indonesia, peran presiden sangat kuat. Namun, tekanan yang pasti ada di dalam politik membuat Jokowi tidak bisa bebas menggunakan hak prerogatifnya sebagai presiden, termasuk dalam menetapkan calon Kapolri.

Hanta menyebutkan, tingginya tensi dan dosis tekanan tersebut dipengaruhi oleh dua hal, yakni kemampuan mengelola dinamika politik yang cukup kencang dan keberanian.

"Pada kondisi terakhir, masyarakat berharap presiden selain bisa mengelola tapi juga harus berani mengambil keputusan. Itu poin yang penting," kata Hanta.

 

profil wikidpr untuk Taufik Kurniawan: http://wikidpr.org/anggota/5403631742b53eac2f8ef86a