Follow us:   
Kontak kami:    kontak@wikidpr.org
Follow us:   
Kontak kami:    kontak@wikidpr.org
Berita Terkait

Kategori Berita

(Rimanews) Gagal Bayar Utang ke IMF, Yunani Kini Setara dengan Zimbabwe

12/12/2018



Rimanews - Yunani resmi dinyatakan gagal bayar utang ke IMF senilai 1,6 miliar euro. Yunani menjadi negara maju pertama yang mengalami gagal bayar ke IMF, bergabung bersama negara-negara miskin yang telah terlebih dahulu gagal bayar yakni Zimbabwe, Sudan, dan Kuba.

IMF telah mendeklarasikan Yunani tidak dapat membayar utangnya yang jatuh tempo pada Selasa, 30 Juni 2015. Ini merupakan gagal bayar terbesar dalam sejarah IMF. Untuk selanjutnya, Yunani tidak akan mendapatkan bantuan keuangan apapun dari IMF, sebelum utangnya tersebut dilunasi.

Kegagalan pembayaran Yunani terjadi setelah negara tersebut tidak berhasil mencapai kesepakatan dengan kreditur untuk mendapatkan dana talangan. Dalam proposalnya, kreditur meminta agar Yunani melakukan reformasi, memangkas pensiun, dan menaikkan pajak untuk memperbaiki kesinambungan fiskal. Namun, Perdana Menteri Alexis Tsipras menjawab proposal itu dengan mengadakan referendum pada 5 Juli mendatang.

Yunani bukan diam saja menghadapi kegagalan pembayaran utangnya. Negara kecil di Eropa tersebut berjuang mendapatkan pendanaan pada menit-menit terakhir menjelang tenggat waktu. Pemerintah Yunani diketahui telah meminta partner-partnernya di Eropa untuk paket pendanaan guna memenuhi kebutuhan pembiayaannya.  Menteri Keuangan Yunani Yanis Varoufakis mengindikasikan telah menghubungi rekannya sekaligus menyatakan kemungkinan membatalkan referendum jika kesepakatan dicapai.

Masyarakat Yunani sendiri kini terbelah, sebagian mendukung pemerintah, sebagian lagi menekan agar tetap bertahan di zona euro.

Negara-negara Eropa sendiri sepertinya tidak menyerah untuk mencarikan solusi bagi Yunani sehingga tidak keluar dari zona euro. Para menteri keuangan Eropa akan melakukan pertemuan untuk membahas permintaan PM Tsipras. Sumber-sumber mengatakan, para pejabat akan mendiskusikan permintaan PM Tsipras untuk pinjaman berjangka 2 tahun yang dibutuhkan untuk pembayaran utang senilai 30 miliar euro.