Follow us:   
Kontak kami:    kontak@wikidpr.org
Follow us:   
Kontak kami:    kontak@wikidpr.org
Berita Terkait

Kategori Berita

(Tempo) Fahri Hamzah: Pimpinan DPR Pertahankan Fraksi Golkar Pimpinan Ade Komarudin

12/12/2018



Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Fahri Hamzah mengatakan pimpinan DPR masih akan mempertahankan kepengurusan Fraksi Golkar di bawah kepemimpinan Ade Komarudin. Langkah itu ditempuh lantaran sengketa kepengurusan Golkar belum menemui kata akhir.

"Karena itu, kami masih mempertahankan yang lama," ujar Fahri, Sabtu, 4 April 2015.

Susunan pimpinan Fraksi Golkar terancam mengalami perombakan setelah Dewan Pimpinan Pusat Partai Golkar kubu Agung Laksono melayangkan surat kepada pimpinan DPR. Mereka meminta pimpinan DPR mengangkat Agus Gumiwang Kartasasmita untuk mengisi kursi Ketua Fraksi Golkar di DPR yang saat ini diduduki Ade Komarudin.

Fahri menjelaskan, mekanisme perombakan susunan fraksi yang diajukan kubu Agung Laksono baru bisa dikatakan sah jika sudah dibacakan pimpinan DPR dalam rapat paripurna. Namun permohonan itu belum bisa ditindaklanjuti lantaran Sekretariat Jenderal DPR juga menerima surat penjelasan dari DPP Partai Golkar versi Aburizal Bakrie yang mempertahankan susunan fraksinya.

Menurut Fahri, kedua surat itu menandakan legalitas DPP Golkar masih bersengketa. Karena itu, pimpinan DPR menunda penyikapan terhadap surat permohonan itu guna menghindari ketidakpastian.

"Maka kami putuskan surat tidak dibaca. Fraksi Golkar tidak ada perubahan sampai sengketa berakhir. Itu juga yang terjadi dengan Partai Persatuan Pembangunan," katanya.

 

link asli: http://www.tempo.co/read/news/2015/04/05/078655385/Konflik-Golkar-Ini-Sikap-DPR-Ihwal-Fraksi-Ade-Komaruddin