Follow us:   
Kontak kami:    kontak@wikidpr.org
Follow us:   
Kontak kami:    kontak@wikidpr.org
Berita Terkait

Kategori Berita

(Tempo) Hanura Merasa Jokowi Campakkan Putusan DPR

12/12/2018



Fraksi Partai Hati Nurani Rakyat dapat menerima Komisaris Jenderal Badrodin Haiti sebagai calon Kepala Kepolisian RI. Namun partai pendukung pemerintah ini tetap meminta penjelasan Presiden Joko Widodo mengenai alasan mengajukan pembatalan pelantikan Komisaris Jenderal Budi Gunawan. "Kami ingin mendengar jawaban langsung dari Presiden," kata Ketua Fraksi Hanura, Dossy Iskandar ketika dihubungi Sabtu, 4 April 2015.

Pencalonan Badrodin Haiti menuai pertanyaan lantaran sebelumnya DPR sudah menyetujui permintaan Jokowi untuk mengangkat Budi Gunawan sebagai calon Kapolri. Mereka mengembalikan surat permohonan yang dilayangkan Jokowi dan meminta penjelasan hukum yang melatari sikap presiden untuk tidak melantik Budi Gunawan.

Dossy menjelaskan, pimpinan DPR telah menjadwalkan pertemuan dengan Jokowi Senin, 6 April 2015. Pimpinan dan Sekretaris Fraksi juga diundang untuk mempertanyakan alasan pengajuan nama Badrodin kepada presiden secara langsung. "Kami akan fokus berbicara soal Kapolri, bukan yang lain," katanya.

Menurut Dossy, pertemuan itu merupakan sejarah dalam sistem ketatanegaraan di Indonesia. "Karena baru pertama kalinya Presiden datang memberi penjelasan ke DPR," ujarnya. Ia berharap pertemuan itu bisa menjadi preseden yang baik bagi hubungan antar kelembagaan tinggi negara.

Bagi Hanura, kata Dossy, pencalonan Badrodin tidak akan memunculkan pertanyaan jika presiden bisa menjelaskan alasan itu dengan baik. "Prinsipnya adalah komitmen konstitusional, supaya tidak menjadi preseden buruk apa yang diputuskan DPR dapat dicampakkan begitu saja oleh presiden," katanya.

 

link asli: http://www.tempo.co/read/news/2015/04/05/078655370/Hanura-Merasa-Jokowi-Campakkan-Putusan-DPR